Yang Harus Dilakukan Pada Instagram Pengguna yang Telah Meninggal

(net)

(KANALACEH.COM) – Instagram memiliki fitur yang berfungsi untuk menandai bahwa seorang telah meninggal dunia yakni fitur Memorialized Account.

Dengan fitur tersebut, Instagram akan menambahkan banner ‘Remembering’ atau pengingat bahwa si pemilik akun telah meninggal dan akan menjadi akun kenangan. Setiap unggahan pada akun tersebut tidak akan dapat diubah.

Selain itu, jika pemilik akun sudah meninggal, dengan fitur ini tidak ada seorangpun yang bisa login ke akun tersebut. Instagram merilis fitur ini di tengah meningkatnya kasus kematian akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia pada tahun lalu.

Fitur ini diberikan sebagai tempat untuk mengenang kehidupan seseorang yang telah meninggal.

“Akun ini telah diabadikan. Akun kenangan adalah tempat untuk mengenang dan merayakan kehidupan seseorang setelah mereka meninggal,” tulis tampilan layar pada sebuah akun kenangan.

Setelah dijadikan akun kenangan, siapapun tidak dapat mengubah setiap unggahan atau informasi yang ada di akun tersebut, termasuk foto atau video.

Komentar di unggahan yang dibagikan oleh orang itu di profilnya, pengaturan privasi profilnya, foto profil saat ini, pengikut, atau orang yang diikuti, seperti dilansir dari laman resmi Instagram.

Untuk menjadikan akun seseorang yang telah meninggal menjadi akun kenangan, pengguna lain dapat melapor pada pihak Instagram.

Pengguna lain, seperti kerabat atau keluarga dapat melapor dengan dengan mencantumkan bukti kematian, seperti tautan ke berita duka atau artikel berita.

Selanjutnya, pihak Instagram akan menyediakan formulir yang harus diisi pihak yang melapor.

Ia harus mengisi nama lengkap, alamat email, nama lengkap dari orang telah meninggal, nama akun Instagram yang telah meninggal, bukti kematian, kapan seseorang tersebut meninggal serta informasi tambahan lainnya.

Dilansir dari Metro, setelah mengajukan formulir maka akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari untuk diproses oleh pihak Instagram selama berita kematiannya masih baru.

Menghapus akun orang yang sudah meninggal

Instagram juga memberikan opsi untuk menghapus akun dari seseorang yang telah meninggal. Namun ini hanya bisa diajukan oleh anggota keluarga yang sudah terverifikasi.

“Anggota keluarga dekat yang sudah diverifikasi bisa mengajukan permintaan penghapusan akun orang yang dicintainya dari Instagram,” tulis Instagram.

Instagram juga akan meminta anggota keluarga untuk mengirimkan bukti bahwa ia benar-benar anggota keluarga dekat almarhum seperti akta kelahiran almarhum, akta kematian almarhum, surat kuasa yang dikeluarkan otoritas hukum setempat bahwa seseorang itu adalah perwakilan sah almarhum atau atas harta bendanya.

Untuk mengirimkan permintaan penghapusan anggota keluarga akan diminta untuk mengisi formulir.

Isi formulir tersebut di antaranya:

Nama lengkap
Alamat email
Nama lengkap dari orang telah meninggal
Nama akun Instagram yang telah meninggal
Waktu meninggal
Sertifikat kematian atau dokumen lain yang dapat dijadikan bukti

Kerap disalahgunakan penipu

Sebelumnya, akun bos Instagram Adam Mosseri sempat terkunci oleh fitur Memorialized Account, atau akun kenangan yang tersedia di Instagram.

Fitur tersebut aktif setelah akun Mosseri dilaporkan seorang scammer (penipu) dengan menggunakan akun @Syenrai. Penipu ini menggunakan berita kematian palsu untuk membuat akun Mosseri menjadi akun kenangan.

Penipu ini merupakan bagian dari industri bahwa tanah yang mengenakan biaya mulai dari US$60 atau sekitar Rp850 ribu untuk memblokir akun orang lain. [cnn]

Related posts