Dekranasda Sabang Juara 2 Kategori Produk Kerajinan Unggulan

Dekranasda Sabang Juara 2 Kategori Produk Kerajinan Unggulan. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sabang berhasil meraih juara dua kategori produk kerajinan unggulan daerah dalam ajang lomba kreasi pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Aceh 2021.

Ketua Dekranasda Kota Sabang Mita Andriani menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak serta pengurus yang telah bekerja keras dalam mengikuti kegiatan Rakerda.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih juara dua dalam kategori produk kerajinan unggulan daerah. Meski pada lomba busana etnik kita belum berhasil mendapatkan juara, tapi capaian ini semua berkat kerjasama kita bersama. Semoga ke depan dapat kita tingkatkan lagi,” kata Mita di Kota Sabang, Jumat (19/11).

Dia berharap prestasi itu dapat menjadi motivasi untuk pelaku usaha dan pengrajin kerajinan tangan di Kota Sabang, agar selalu semangat dalam menciptakan ide kreatif demi kemajuan kerajinan Kota Sabang.

Sementara itu, Ketua Bidang Promosi dan Pameran Dekranasda Kota Sabang Murdiana menjelaskan acara tahunan Dekranasda Aceh tersebut diawali dengan peluncuran produk kerajinan unggulan khas daerah se Aceh.

Serta dilanjutkan dengan penampilan peragaan kriya busana khas daerah oleh para perancang lokal.

“Dengan melibatkan Duta Wisata Kota Sabang Ulayya Albaradis, kita menampilkan busana etnik motif Bungong Ue dan produk kerajinan unggulan daerah berupa kerajinan kayu kelapa,” katanya.

Ketua Harian Dekranas Sabang M Yusra menjelaskan dari rangkaian perlombaan yang diikuti, Dekranasda Kota Sabang berhasil meraih juara dua produk kerajinan unggulan. 

Produk kerajinan yang ditampilkan adalah kerajinan kayu kelapa dengan desain miniatur tugu KM Nol yang dibuat oleh Kudus Nazardy, salah satu pengrajin Dekranasda Kota Sabang.

“Ke depannya dengan tetap mengangkat kearifan lokal, kami bersama para pengrajin di Kota Sabang akan terus berinovasi, tentunya dengan ide-ide baru, agar bisa menghasilkan karya yang mampu bersaing di dunia industri dan diminati pasar,” katanya.

Related posts