10 Pekerjaan Populer yang Disukai Milenial

  • Whatsapp
10 Pekerjaan Populer yang Disukai Milenial. (ist)

(KANALACEH.COM) – Pekerjaan yang disukai milenial seringkali dikaitkan dengan kegiatan yang sesuai passion, penuh kreativitas, waktu kerja yang fleksibel tapi tetap produktif.

Berdasarkan survei Live Career, sekitar setengah dari pekerjaan milenial yang paling populer dipilih adalah jenis pekerjaan di bidang pelayanan.

Untuk selebihnya terdiri atas bidang lain, bahkan beberapa di antaranya tidak membutuhkan gelar sarjana. Berikut jenis pekerjaan yang disukai milenial.

1. Barista

Pekerjaan yang disukai milenial salah satunya menjadi barista (Ilustrasi Foto: Unsplash/Pixabay)
Persentase milenial bekerja sebagai barista cukup tinggi, bersamaan dengan menjamurnya keberadaan kedai kopi.

Pekerjaan sebagai barista atau pembuat minuman kopi ini dinilai fleksibel dan menjadi win-win solution bagi muda-mudi karena bisa dibarengi kuliah atau kursus lain.

Lingkungan kerja yang menantang dan berfokus pada pelayanan ini menarik para kaum milenial, tapi tak banyak dilirik oleh generasi lebih tua.

2. Teller bank

Perbankan juga banyak disukai milenial khususnya posisi teller. Petugas pelayanan nasabah ini umumnya membutuhkan tenaga kerja dengan jenjang pendidikan mulai dari SMA, diploma, maupun sarjana.

Banyak milenial tercatat bekerja di posisi ini. Meski begitu, tren profesi sebagai teller diproyeksikan menurun seiring dengan kehadiran bank digital.

3. Perhotelan

Sektor perhotelan termasuk pekerjaan yang disukai milenial. Untuk profesinya ada chef, pramusaji, travel agent, tour guide, resepsionis, supervisor guest services, dan banyak lagi.

Pertumbuhan untuk bekerja di perhotelan ini diproyeksikan masih terus tumbuh, termasuk dari kalangan milenial yang menguasai sektor tersebut.

4. Telemarketing

Telemarketing saat ini masih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menawarkan sekaligus menjual produk dan jasa kepada pelanggan melalui telepon.

Beberapa perusahaan besar banyak membidik kaum muda untuk bergabung sebagai telemarketing karena promosi secara soft-selling lebih disukai milenial.

5. Event Planner

Event planner adalah pekerjaan yang mempersiapkan segala macam agenda acara, mulai dari penentuan konsep, koordinator antar vendor, logistik, sampai acara tersebut selesai.

Seorang event planner akan tergabung dalam event atau wedding organizer. Pekerja di bidang industri kreatif ini pun didominasi oleh pekerja milenial.

6. Statistikawan

Ahli statistik merupakan profesi yang sangat membutuhkan kemampuan analisis yang tajam. Profesi ini melibatkan pengumpulan, pengorganisasian, interpretasi, dan meringkas data dengan bantuan teori matematika.

7. Analis marketing

Pekerjaan lain yang juga disukai milenial yaitu analis marketing atau spesialis riset pasar. Mereka bertanggung jawab menganalisis pasar penjualan untuk promosi barang atau jasa.

Analisis marketing dapat bekerja diberbagai sektor. Beberapa di antaranya seperti perusahaan besar, start-up, sampai agensi yang memang menjadi lahan bagi kaum milenial.

8. Tim medis

Tim medis seperti asisten dokter, bidan, perawat, apoteker, relawan kesehatan, sampai dokter, termasuk pekerjaan yang masih terus diminati milenial.

Prospek pekerjaan menjadi bagian dari tim media terbilang menjanjikan. Tidak hanya milenial, bekerja di sektor kesehatan juga masih disukai kaum baby boomer.

9. Social media specialist

Seiring dengan perkembangan internet dan media sosial, social media specialist tergolong jenis pekerjaan baru namun dianggap punya prospek menjanjikan di masa depan.

Seorang social media specialist bertanggung jawab untuk menciptakan konten digital di platform media sosial perusahaan mereka, yang biasanya bertujuan untuk membangun branding.

Skill utama yang dibutuhkan tentu penguasaan teknologi yang membuatnya sesuai dengan anak muda. Social media specialist juga memiliki jenjang karier yang bisa dicapai bergantung masing-masing perusahaan.

10. Media dan periklanan

Pekerjaan yang disukai milenial selanjutnya ada periklanan atau advertising karena membutuhkan skill komunikasi yang mumpuni.

Selain berperan cukup vital, pekerjaan di industri media dan periklanan dinilai menantang lantaran memberi pengalaman baru dan mendukung kreativitas, yang membuatnya paling disukai milenial. [CNN]

Related posts