Event Balap Sepeda Tour de Sabang Masuk Kalender UCI Grand Fondo

Ilustrasi. (liputan6)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Event Tour de Sabang yang akan digelar pada 26 – 28 November 2021 akan memanjakan pesepeda dengan keindahan alam di jalur yang bakal dilewati peserta di Pulau Weh.

Peserta akan melewati beberapa turunan dan tanjakan yang berdampingan langsung dengan laut dan pegunungan sepanjang 40 kilometer untuk menjelajah Pulau Sabang.

Perwakilan dari Event Organizer (EO) Tour de Sabang 2021, Muhammad Nagib, mengatakan terkait mekanisme penyelenggaraan event, pihaknya telah memulai pendaftaran secara terbuka dan gratis tanpa dipungut biaya.

Nagib menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, terkait pengamanan dan lainnya, sehingga persiapan event Tour de Sabang hingga saat ini telah mencapai 90 persen. Sementara itu, calon peserta yang telah mendaftar hingga saat ini telah mencapai 365 orang.

160 peserta diantaranya mendaftar untuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) dan khusus sepeda balap (road bike) sebanyak 205 orang. Kegiatan ini juga sudah terdaftar di kalender Union Cycliste Internationale (UCI) Grand Fondo.

“Khusus untuk sepeda balap yang terdaftar di kalender UCI Gran Fondo sebanyak 205 peserta yang akan dilaksanakan pada 27-28 November 2021,” kata Naqib kepada wartawan, Selasa (23/11)

Sementara itu, Kepala Bidang P3O Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Teuku Bustamam menegaskan peserta yang berasal dari Aceh atau luar yang mengikuti event tersebut tidak dipungut biaya.

“Saya tegaskan pada pelaksanaan event Tour de Sabang, pendaftarannya gratis”, kata Teuku Bustamam. Pihaknya akan mengakomodir semua kebutuhan terkait pelaksanaan event, sesuai ketersediaan dana.

Event Tour de Sabang tersebut merupakan program Pemerintah Aceh dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya balap sepeda.

Event ini diharap bisa membantu dan mendongkrak peningkatan ekonomi warga setempat. Kemudian kegiatan ini bakal digelar setiap tahun sesuai kalender UCI Grand Fondo.

Related posts