Satu Pelaku Penembak Pos Pol di Aceh Barat Tewas Ditembak

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aparat kepolisian dan Densus 88 Satgaswil Aceh menggerebek tempat persembunyian penembak Pos Pol Panton Reu Aceh Barat di Kawasan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya. Dalam penggrebekan itu satu terduga pelaku tewas ditembak berinisial AH (56).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, penggerebekan tersebut terjadi setelah dilakukan monitoring tiga minggu lalu tentang adanya pertemuan para pelaku di kawasan Pasie Raya, yang digunakan sebagai tempat persembunyian pelaku.

Dari lokasi itu, polisi mengamankan terduga pelaku berinisial AH (56), AD (61), dan CA (53). Pelaku AH dan AD diduga merupakan perencana penembakan Pos Pol, sedangkan CA memberikan perlindungan serta penampungan terhadap para pelaku.

Saat hendak ditangkap, salah satu pelaku berinisial AD sempat melakukan perlawanan dengan menusuk petugas menggunakan sangkur.

Namun, sangkur tersebut mengenai ketiak sebelah kiri yang menyebabkan petugas mengalami luka. “Terpaksa dilumpuhkan dengan tindakan tegas yang mengenai kedua kakinya,” kata Winardy saat dikonfirmasi, Selasa, 23 November 2021.

Selain itu, pelaku AH juga sempat berusaha melarikan diri dengan melompat tembok kamar mandi dan saat disergap melakukan perlawanan, kemudian dilumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur.

Namun saat diberikan pertolongan dan dibawa ke rumah sakit, dalam perjalanan yang pelaku dinyatakan meninggal dunia.

“Pelaku AH mau melarikan diri serta melawan petugas saat ditangkap, sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur,” ujarnya.

Hingga saat ini terkait penembakan Pos Pol Aceh Barat petugas sudah mengamankan empat orang pelaku dan melakukan pengejaran terhadap beberapa pelaku lainnya, yang sudah ditetapkan sebagai DPO.

Kata Winardy motif penyerangan itu karena mereka terusik oleh aparat kepolisian yang sering melakukan penindakan terhadap illegal mining di daerah tersebut, sehingga melakukan penembakan ke arah Pos Pol.

Related posts