Panorama Alam Jadi Daya Tarik Event Tour de Sabang

Sabang (KANALACEH.COM) – Ratusan pembalap sepeda memeriahkan event Tour de Sabang 2021 yang diikuti oleh pesepeda dari Aceh maupun luar Provinsi Aceh.

Event Tour de Sabang yang diselenggarakan oleh ISSI Aceh dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh itu merupakan upaya untuk menghadirkan event olahraga bertaraf Internasional.

Event ajang balap sepeda yang dilaksanakan pada 26-28 November 2021, di Kota Sabang, tersebut diawali dengan pelepasan peserta Mountain Bike (MTB) sebanyak 51 peserta dari Aceh pada Jumat, 26 November 2021.

Sedangkan di hari kedua pada 27 November 2021, pelepasan di serkel pertama peserta Road Bike sebanyak 53 peserta dari Aceh dan luar Provinsi Aceh, kedua pelepasan tersebut dengan rute start-finish di Sabang Fair.

Darwati mengatakan, peserta yang diizinkan datang saat ini hanya dari Bandara Ngurah Rai Bali. Namun, bagi turis jika ingin datang dan ikut sebagai peserta harus melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu.

“Kalau datang sebagai turis harus isolasi dulu, jadi banyak cancel peserta yang dari luar negeri, jadinya yang ikut hanya dari Aceh dan luar Aceh,” ujarnya.

Darwati mengungkapkan, meskipun event Tour de Sabang perdana digelar di Aceh, namun event tersebut dapat menjadi agenda tahunan. Darwati juga menuturkan, event tersebut selain untuk olahraga, juga untuk memberdayakan ekonomi di kota Sabang serta mendongkrak pariwisata Aceh khususnya di kota Sabang.

“Jadi selain bertanding, pesepeda juga dapat menikmati keindahan alam Sabang, dengan diving, dan jalan-jalan ke tempat wisata lainnya. Hal ini juga untuk meningkatkan perekonomian Sabang,” ungkap Darwati.

Darwati berharap, melalui event tersebut dapat memunculkan atlet-atlet baru nantinya guna upaya peningkatan prestasi cabor balap sepeda. Karena, lanjut Darwati, event tersebut merupakan bagian dari upaya berbenah dalam rangka persiapan tuan rumah PON XXI Tahun 2024 di Aceh.

Untuk diketahui, Event Tour de Sabang  direncanakan akan masuk dalam agenda Internasional. Sementara khusus Road Bike telah masuk dalam kalender UCI Gran Fondo.

Event Tour de Sabang adalah event yang terdaftar di PBSI Indonesia dimana pada kegiatan tersebut sudah ada di kalender olahraga UCI Gran Fondo, sehingga kegiatan tersebut dapat dikategorikan kegiatan Internasional untuk kegiatan sepeda 2021.

Related posts