Kawanan Gajah Liar Rusak 18 Rumah di Bener Meriah

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kawanan gajah liar mengamuk dan merusak 18 unit rumah dan kebun warga di Desa Blang Rakal dan Negri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

Masuknya kawanan gajah liar itu dikarenakan pagar kejut atau fencing banyak yang rusak dan dicuri warga. Sehingga gajah dengan mudah masuk pemukiman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas mengatakan, gajah liar tersebut masuk ke pemukiman warga lewat celah pagar kejut. Kemudian mereka melintasi rumah warga yang sebagian berkonstruksi kayu.

“Terdata ada 18 unit rumah mengalami rusak sedang hingga berat setelah diserang oleh gajah liar di kawasan Negri Antara dan Blang Rakal,” ujar Ilyas dalam keterangannya, Selasa (30/11).

Kini pihak BPBA dan BKSDA Aceh tengah melakukan pendataan terkait jumlah warga yang mengungsi dan menggiring gajah yang masih dilokasi untuk kembali ke dalam hutan.

Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto menyebutkan sekitar 50 ekor kawanan gajah terdata melintasi perkebunan warga. Kemudian, gajah tersebut terpecah jadi dua kelompok, kemudian ada sekitar 25 ekor yang masuk ke pemukiman warga. “Sekitar 25 ekor (di lokasi),” ujarnya.

Saat ini pihaknya tengah memasang fencing dan pagar kejut dilokasi yang telah dirusak dan dicuri oleh warga, agar kawanan gajah lainnya tidak masuk ke pemukiman warga.

You may also like