Pemeliharaan Jalan Cot Mane Abdya Akan Dikerjakan Tahu 2022 Melalui Pokir Safaruddin

by Jimi Pratama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh, mulai tahun 2022 akan melakukan pemeliharaan Jalan Blang Pidie-Cot Mane yang berada di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Anggarannya mencapai Rp 5.9 miliar, dimana Rp 4 miliar dari total dana tersebut merupakan usulan dari dana pokir Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin SSos MSP, politikus asal Abdya.

Jalan ini merupakan jalan lintas dari Simpang Cot Mane, Kecamatan Jeumpa menuju Kota Blangpidie, yang panjangnya 3,34 kilo meter (Km).

Pemeliharaan itu dianggap mendesak mengingat kondisi jalan yang dibangun dengan dana Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias pada tahun 2009 saat ini sudah rusak dan rawan kecelakaan.

Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin mengatakan Pemerintah Aceh sudah berkomitmen melakukan pemeliharaan Jalan Blang Pidie-Cot pada tahun 2022 dan anggarannya sudah masuk dalam APBA 2022.

“Alhamdulillah, anggaran untuk pemeliharaan Jalan Blang Pidie-Cot Mane sudah masuk dalam APBA 2022 yang totalnya Rp 5 miliar lebih,” kata politikus Partai Gerindra ini di Banda Aceh, Rabu (1/12).

Ia mengungkapkan, awalnya anggaran yang diusulkan pemerintah sebesar Rp 1.9 miliar. Namun dalam pembahasan rancangan APBA, Safaruddin meminta agar ditambah lagi.

“Saya mengusulkan agar anggarannya ditambah Rp 4 miliar dari dana pokok pikiran milik saya. Alhamdulillah sekarang nilainya Rp 5.9 miliar,” ujarnya.

Safaruddin mengaku prihatin dengan kondisi jalan lintas Blang Pidie-Cot Mane saat ini. Selain rusak parah juga langganan terjadinya kecelakaan.

Padahal, jalan ini menjadi jalan lintas yang volume kenderaannya padat setelah penggendara dari arah Banda Aceh tidak lagi melewati jalan nasional di kawasan Kecamatan Susoh.

You may also like