4 Warga Rumah Panjang Susoh Terjangkit DBD

by Jimi Pratama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Empat warga Desa Rumah Panjang kecamatan Susoh Aceh Barat Daya (Abdya) dalam dua bulan terakhir dilaporkan terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Teungku Peukan Kabupaten setempat.

Syahril, salah seorang warga setempat mengaku sangat resah dengan perkembangan penyakit tersebut. Pasalnya, dalam dua bulan terakhir empat orang dinyatakan positif DBD secara berturut-turut.

“Semua yang terkena positif DBD adalah anak-anak dengan lokasi rumah para pasien tersebut tidak berjauhan dari yang terkena pertama,” kata Syahril.

Sebelumnya, pihaknya sudah mencoba konsultasi tentang penyemprotan untuk membasmi bibit nyamuk penyebab DBD tersebut dengan salah seorang petugas kesehatan yang dia kenal.

“Namun, jawabannya adalah harus ada laporan dulu dari pihak rumah sakit ke Dinas,” sebut Syahril.

Katanya, saat mendengar jawaban itu, lanjutnya, pihaknya merasa binggung, pasalnya dalam dua bulan sudah ada empat pasien DBD.

“Saya bingung masa sudah ada 4 pasien yang betul-betul positif DBD belum ada laporan atau tanggapan dari Dinas? apa perlu harus ada 10-30 warga dulu yang terkena baru ada respon?,” ungkapnya.

Dirinya berharap atas nama warga Desa Rumah Panjang meminta pemerintah untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran penyakit DBD tersebut, apalagi saat ini dalam musim penghujan.

“Jangan sampai DBD ini menjadi pandemi baru kita semua sibuk, mencegah itu lebih baik,” pungkas Syahril.

You may also like