Kawal Dana Desa, H Uma Kunker ke Abdya

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Asal Aceh, H. Sudirman turun ke sejumlah daerah dalam rangka kunjungan kerja di pantai barat selatan Aceh salah satunya di Kabupaten Abdya, Kamis (23/12).

H. Sudirman atau yang lebih dikenal dengan sebutan H. Uma itu langsung menuju ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) tersebut. Salah satunya untuk melakukan pengawasan dana APBN dalam dana desa.

“Kita ingin melihat bagaimana laporan terhadap penggunaan dana desa di tahun 2021 ini. Dan program apa saja yang sudah berhasil dalam capaian-capain di tahun ini. Kemudian juga kita akan melihat program apa saja yang diajukan pada tahun 2022 nanti,”katanya.

Hal ini menurutnya perlu diinput, supaya diberikan pertimbangan kedalam APBN tahun 2022 nanti pada kementrian keuangan yang tidak akan lama lagi dilakukan rapat pembahasan hal dimaksud.

Dalam pertemuan tersebut, Haji Uma mendengarkan langsung keluhan dari Kadis dan para Kabag pada Dinas PMP4 itu, salah satunya Perpres 104 terkait dengan BLT yang dialokasikan dari DD itu adalah 40 persen.

“Ini sangat tidak bisa dieksekusi kalau memang desa itu yang penduduknya sangat sedikit, karena batasan ini idealnya jangan dilakukan penyekatan dengan Perpres itu,”sebutnya.

Seusai melakukan pertemuan dengan para Dinas PMP4 Kabupaten Abdya, Anggota Komite IV DPD RI ini melanjutkan selaturrahmi dengan Bupati Akmal Ibrahim, selanjutnya langsung menuju ke Tapaktuan, Aceh Selatan dan Kota Subulussalam.

Related posts