500 Ribu PNS Dipindah ke Ibu Kota Baru Mulai Tahun Ini Hingga 2024

by danirandi

(KANALACEH.COM) – Sebanyak 500 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) kementerian dan lembaga dipindahkan ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru pada tahap awal pembangunan yakni periode 2022-2024.

Hal tersebut seiring dengan pembangunan infrastruktur utama seperti istana kepresidenan, gedung DPR/MPR dan perumahan di tahap awal pembangunan IKN.

“Pembangunan dan beroperasinya infrastruktur dasar untuk 500 ribu penduduk tahap awal,” tulis keterangan di situs resmi IKN, Senin (17/1).

Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 di kawasan IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Kemudian, pada tahap selanjutnya yakni periode 2025-2035, akan dilakukan pengembangan fase kota berikutnya seperti pusat inovasi dan ekonomi, dan menyelesaikan pemindahan pusat pemerintahan IKN.

Selain itu, pengembangan sektor-sektor ekonomi prioritas, penerapan sistem insentif untuk sektor-sektor ekonomi prioritas, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan juga akan dilakukan pada periode tersebut. “IKN akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai visi Indonesia 2045,” tulis situs tersebut.

Dari situs IKN, terungkap juga anggaran pembangunan IKN 53,5 persen atau mayoritasnya akan berasal dari APBN. Sementara 46,5 persen sisanya menggunakan dana lain dari skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sebagai informasi, pemerintah berencana untuk memindahkan IKN ke Kalimantan Timur. Saat ini Rancangan Undang-Undang (RUU) IKN masih dibahas dan dikebut untuk diselesaikan. [CNN]

You may also like