Disdikbud Abdya Presentasi Pogram Kerja Kepala Sekolah

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) persentasikan program kerja. Hal ini perdana dilakukan Dinas Pendididkan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Barat Daya (Abdya).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan setempat itu dilakukan untuk mengukur pencapain program kerja yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah SD dan SMP.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Ikhwanul mengatakan, kepala sekolah memaparkan program kerja sedang berjalan  dan yang akan dilaksanakan selama enam bulan kedepan.

Tujuannya untuk meningkatkan mutu pendidik dalam menunjang tercapainya delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Selain itu kepala sekolah juga harus menyusun program berdasarkan analisis SWOT atau teknik perencanaan strategi. Setiap kepala sekolah harus bisa merencanakan, melaksanakan, memonitoring serta mengevaluasi suatu kegiatan,” kata Ikhwan.

Kata Ikhwanul, dengan kegiatan presentasi dinas dan pengawas dapat memberikan masukan terhadap yang akan dilakukan, sehingga program sekolah dapat berjalan efektif dan efesien sesuai dengan program dari pusat serta visi serta misi kabupaten. 

Banyak Komite Sekolah di Abdya Tidak Paham Tugas dan Fungsinya “Saat persentasi, kepala sekolah memaparkan profil singkat sekolah, program yang telah dilaksanakan selama menjabat, dan program yang akan dilakukan selama 6 bulan ke depan,” sebutnya.

Kemudian, kata Ikhwan, presentasi langsung dilaksanakan dihadapan bidang GTK dan lintas bidang di Disdikbud serta pengawas tingkat SMP dan SD, dengan denggunakan power point dengan melampirkan foto kegiatan.

“Setelah kita melihat dan menilai, banyak sekali informasi serta inovasi dari program yang telah dilakukan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah juga sangat antusias dalam memaparkan berbagai keberhasilan program serta strategi dalam memajukan sekolah,” pungkasnya.

Related posts