Lestarikan Seni Budaya Aceh, Disbudpar Gelar Ajang Seni Rapai Tuha 3

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar ajang Rapai Tuha 3 di Taman Budaya, mulai hari ini Minggu (6/3).

Kegiatan itu digelar untuk mempertahankan warisan leluhur yang dinilai hampir punah karena tergerus modernisasi.

Untuk itu, Pemerintah Aceh berinisiatif untuk mengadakan program kegiatan sebagai ajang atau ruang apresiasi bagi seluruh pelaku seni tradisi Aceh yang bertujuan untuk melestarikan, memberdayakan dan memicu para pelaku seni Tradisi agar dapat lebih eksist dalam hal pelestarian seni tradisi.

“Ajang Seni Rapai Tuha tahun 2022 sebagai wujud meregenerasikan dan representasi kepada masyarakat dan para pelaku seni Tradisi Aceh yang bertempat di Gedung In door Taman Seni dan Budaya Aceh,” kata Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu koneksi pemerintah dalam melakukan pemberdayaan dan pengembangan terhadap kesenian Rapai Tuha, salah satunya dengan mengangkat Rapai dalam upaya mensejajarkan Rapai dengan alat perkusi dunia.

Seni Rapai Tuha merupakan salah satu alat kesenian Tradisional Aceh yang mulai tergerus oleh zaman dan kesenian tradisional yang tepat untuk membangun relasi seni rapai acara pegelaran – pegelaran modern yang lebih mendominasi di masa kini.

“Kesenian Seni Rapai Tuha yang merupakan Seni Tradisional Aceh perlu dilestarikan dan dikembangkan kembali dan perlu ditingkatkan untuk mempererat relasi para Seniman seniman muda berbakat,” ucapnya.

You may also like