Jamaah Salat ID di Masjid Raya Baiturrahman Membludak Hingga ke Basement

Masjid Raya Baiturrahman
Jamaah salat Idul Fitri 1443 H di Masjid Raya Baiturrahman. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jamaah salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh membludak hingga ke bawah tower masjid, pada Senin (3/5). Warga juga terlihat rela membentangkan sajadahnya di area basement hingga hingga ke jalan.

Pantauan dilokasi, aparat kepolisian bahkan menutup akses jalan menuju Masjid Raya Baiturrahman, yang digunakan untuk menampung kendaraan jamaah.

Sementara untuk masuk ke dalam masjid tidak ada pengawalan petugas Covid-19 seperti tahun sebelumnya. Kali ini lebih dilonggarkan. Hanya tampak aparat kepolisian berada di pintu gerbang masjid yang menjaga jamaah agar tetap rapi masuk ke masjid.

Durasi khutbah shalat Id 25menit, jika dua tahun lalu dibatasi hingga 15 menit saja. Dalam pelaksanaannya yang bertindak menjadi khatib yaitu Prof Dr H Syahrizal Abbas. Sedangkan yang menjadi imam yakni, Tgk Miswar Muhammad.

Sekitar pukul 08:00 WIB pelaksanaan shalat id di masjid yang mampu menampung 25 ribu jamaah itu selesai, terlihat warga banyak yang masih bertahan di pekarangan masjid untuk sekedar silaturahmi dan berswafoto.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Masjid Raya Baiturrahman Saifannur mengatakan, pihaknya sudah memprediksi bahwa jamaah salat ID tahun ini bakal ramai. Sehingga persiapan sudah disiapkan mulai H-3 lebaran lalu.

Related posts