Rekomendasi Deretan Pulau Tropis yang Wajib Dikunjungi di Pulau Banyak

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Destinasi wisata bahari di Aceh menawarkan sejumlah tempat yang sangat menawan untuk dikunjungi. Setelah Sabang, di ujung Barat Aceh juga ada destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain.

Kepulauan Banyak yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil menyimpan sejuta pesona dari pemandangan alam bawah laut yang dimilikinya. Berjumlah 63 pulau yang sebagian pulaunya tak berpenghuni, makanan hasil laut dan surfing menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ketempat ini.

Mengunjungi Kepulauan Banyak, anda harus menyebrang dengan menggunakan Kapal Ferry atau menggunakan kapal tradisional milik warga dari Pelabuhan Singkil untuk singgah ke pulau yang berpenduduk seperti di Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat.

Dari beberapa situs travel yang membuka paket wisata ketempat ini, ada beberapa pulau yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, pastinya tempat ini menjadi hits dikalangan wisatawan yang berkunjung. Berikut deretan pulau yang sering dikunjungi,

Pulau Sikandang

Jika tempat singgah anda di Kecamatan Pulau Banyak, anda bisa mengunjungi tempat ini sekitar 1 Jam dengan menggunakan perahu mesin milik nelayan.

Kemudian, bila tempat singgah anda di Kecamatan Pulau Banyak Barat, akses menuju ketempat ini kurang lebih juga sekitar 1 jam dengan menggunakan perahu mesin. Tapi anda akan lebih cepat ketempat ini jika merogoh uang anda lebih dengan menaiki speed boat.

Deretan bungalow yang berada di Pulau Sikandang, Aceh Singkil. (Kanal Aceh/Randi)

Pulau ini menyajikan keindahan yang luar biasa, beberapa spot snorkeling, Bungalow, pasir putih dan hal lainnya yang menarik juga bisa didapatkan di pulau ini.

Pulau Tailana

Pulau ini terletak di Kecamatan Pulau Banyak Barat, akses ke Pulau ini hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja dari Kecamatan Pulau Banyak Barat. Tapi jika anda dari Kecamatan Pulau Banyak anda bisa menempuh sekitar 1 jam 30 menit dengan menggunakan perahu mesin.

Pulau ini menjadi primadona bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas seperti snorkeling. Hamparan terumbu karang di kedalaman 1-2 meter membuat pulau tropis ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Palambak

Keindahan lainnya dapat anda rasakan bila mengunjungi pulau Palambak. Bila anda ingin menikmati sunrise, pulau ini menjadi pilihan yang tepat. Sebab, pulau ini berhadapan langsung dengan timbulnya matahari, tetapi anda juga bisa menikmati tenggelamnya matahari dari pulau ini.

Waktu untuk menempuh pulau ini sekitar 1 jam lebih jika anda memilih singgah di Pulau Banyak. Kemudian, 1 jam 30 menit jika anda berangkat dari Kecamatan Pulau Banyak Barat. Beberapa fasilitas seperti bungalow, resto bisa anda nikmati di tempat ini.

Pulau Asok dan Biawak

Pulau ini menyajikan hamparan terumbu karang di sekitaran pulau. Pulau ini tidak terlalu jauh dengan Pulau Sikandang dan Pulau Biawak.

Pulau Rangik

Pulau berikutnya ialah Pulau Rangik, Pulau ini mulai banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahan kepulauan Banyak dari Menara mercusuar dengan ketinggian sekira 35 Meter.

Jika anda menaiki mercusuar ini, sejumlah pulau yang berada di Kepulauan Banyak bisa anda lihat dan hamparan laut yang biru sejauh mata memandang. Untuk menuju lokasi ini, hanya membutuhkan 45 menit dari Kecamatan Pulau Banyak dan sekitar 1 jam 30 menit jika anda berangkat dari Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Pulau Panjang

Pulau ini berdekatan dengan Kecamatan Pulau Banyak. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi pulau lainnya, pulau ini bisa menjadi alternatife untuk merasakan keindahan wisata bahari di Kepulauan Banyak.

Nago Resort

Untuk menuju ke Nago Resort wisatawan dapat menumpangi speedboat menuju gugusan Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Sekitar 15 menit perjalanan dari Haloban, Ibu kota Kecamatan Pulau Banyak Barat, pulau berukuran mini dipenuhi pohon kelapa pun menyambut pandangan wisatawan.

Itulah deretan pulau yang paling sering dikunjungi di Kepulauan Banyak Aceh Singkil. Namun, jika anda memiliki dana lebih, anda bisa lebih cepat mengunjungi pulau-pulau indah tersebut dengan menggunakan speed boat.

Atau, jika anda pergi Bersama keluarga besar anda, disana juga menyediakan transportasi kapal kayu yang bisa mengangkut hingga 30 orang. Jadi, mari rencanakan liburan anda ke Kepulauan Banyak.

You may also like