Lokasi Wisata di Sabang yang Ramai Dikunjungi Wisatawan Saat Libur Lebaran

Tugu nol kilometer sabang. (Foto: IG @discoversabang)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sabang, memang dikenal dengan wisata baharinya yang indah dan panorama bawah lautnya yang mengagumkan. Apalagi lokasi dari satu destinasi wisatanya tidak begitu jauh, sehingga bisa memudahkan pengunjung untuk berganti lokasi setiap saat.

Begitu juga dengan destinasi wisata sejarahnya yang begitu kaya. Banyak benteng sisa prajurit Jepang misalnya. Dan asrama haji pertama di Indonesia yang terletak di Pulau Rubiah. Juga air terjun yang berada di beberapa lokasi di Sabang.

Hingga memasuki libur lebaran 1443 Hijriah ke lima, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh terus meningkat. Dari data yang dirangkum oleh Dishub Aceh, wisatawan ke Sabang sudah mencapai 12 ribu lebih sejak 2 Mei lalu.

Mereka menikmati panorama alam Sabang. Mulai dari hanya bersantai di pantai maupun snorkeling.

Adapun beberapa lokasi wisata yang ramai dikunjungi di Sabang saat musim libur lebaran sebagai berikut;

Iboih

Pantai yang satu ini bisa dibilang pantai yang jadi ikon Kota Sabang. Lokasinya hanya 45 menit dari pusat kota. Situasi pantai dan ombak yang tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Alam bawah lautnya yang cantik juga jangan sampai dilewatkan begitu saja. Ada banyak tersedia berbagai tipe penginapan di dekat pantai jika kamu ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sini.

Pantai Sumur Tiga

Di sisi timur Kota Sabang terdapat sebuah pantai yang jadi favorit banyak orang untuk menikmati sunrise. Pasir pantainya yang putih dan jernihnya air pantai akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Nama sumur tiga diambil dari sejarah tiga sumur air tawar yang konon katanya berada di area pantai ini. Kamu juga bisa menghabiskan waktu siangmu dengan makan- makan di warung seafood yang banyak tersebar di area pantai.

Anoi Hitam

Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai yang satu ini pasirnya berwarna hitam. Asal muasal pasir pantai Anoi berwarna hitam adalah karena berasal dari letusan gunung berapi di Pulau Weh.

Pasir di sini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit lho. Warna hitam pasirnya sangat kontras dengan warna air jernih di pantai sehingga memberikan pemandangan yang mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat yang lain.

Gua Sarang

Gua Sarang ini sering disebut Raja Ampatnya Sabang. Gua Sarang sejatinya merupakan gua yang menjadi sarang burung walet. Terdapat tujuh gua yang berlokasi di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung.

Ketujuh gua ini berdiri dengan kokoh di atas lautan biru Pulau Weh yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Dijamin pemandangan di sini tidak akan pernah bisa kamu lupakan.

Pulau Rubiah

Tidak lengkap rasanya jika ke Sabang tanpa melakukan island hopping. Salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Rubiah. Destinasi wisata yang bisa kamu temui di sini tidak lain adalah Taman Laut Rubiah yang menghadirkan pesona kekayaan alam bawah laut terindah di Sabang.

Meski tidak berpenghuni tapi sudah cukup banyak warung dan tempat penyewaan alat-alat snorkeling yang tersedia di sekitar pantainya. Untuk menuju ke sini kamu bisa menyebrang dari Pantai Iboih dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 15 menit.

Nol Kilometer

Berkunjung ke Sabang tentunya tidak lengkap tanpa berfoto di depan tugu nol kilometer Indonesia. Karena lokasinya yang berada di kawasan hutan, jangan heran jika sepanjang perjalanan menuju monumen kamu akan banyak menjumpai monyet-monyet yang berjalan bebas.

Tinggi tugu nol kilometer ini mencapai 43,6 meter dengan empat pilar penyangga yang megah. Fasilitas di sekitar area wisata sudah sangat memadai. Mulai dari tempat makan hingga toilet dan toko oleh-oleh bisa dengan mudah kamu temui di sini.

Related posts