Fauzi Yusuf Sampaikan ke Sandiaga Uno Soal Potensi Wisata Air Terjun 7 Bidadari

Jakarta (KANALACEH.COM) – Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Salhuddin Uno di Hotel The Lagham Ball, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Fauzi Yusuf di dampingi oleh Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Hamdani menyampaikan perlunya promosi, pengembangan/pembangunan infrastruktur wisata religius yang ada di Aceh Utara.

Fauzi Yusuf mengatakan destinasi wisata yang perlu promosi itu antara lain seperti wisata religius Samudera Pasai yang terletak di Gampong Beuringen Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Dimana destinasi ini mengandung sejarah kejayaan kerajaan Samudera Pasai yang dipimpin oleh Malikussaleh dikenal denga raja yang bijaksana dan ‘alim saat itu.

Kini ditandai dengan situs makam beliau, anak dan Cucu  beliau serta para menterinya sebagai penerus kerajaan setelah beliau wafat. “Selain itu juga ada makam Pahlawan Cut nyak Mutia  di pegunungan Aceh utara dan Panorama Alam pegunungan air terjun tujuh bidadari di pedalaman Aceh Utara,” kata Fauzi Yusuf, Kamis, 12 Mei 2022.

Sementara itu, Sandiaga Uno merespon positif terkait informasi yang disampaikan oleh orang nomor dua di Aceh Utara itu. Bahkan, Sandiaga Uno berjanji bulan depan akan berkunjung ke Aceh.

“Wakil Bupati Aceh utara  diundang khusus oleh Tempo Media pada even bergengsi itu,” ungkap Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Hamdani.

Diketahui, air terjun 7 Bidadari dikenal memiliki panorama alam yang sungguh indah dan mempesona. Tersembunyi di dalam hutan belantara yang masih liar, tempat wisata ini seolah terlindungi dan terjaga kelestariannya. Gemericik air yang jatuh menerpa bebatuan menciptakan suasana nyaman, sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama menikmatinya.

Secara geografis, letak Air Terjun 7 Bidadari berada pada Desa Pulo Meuria, Kecamatan Geureudong Pase, Kabupaten Aceh Utara. Untuk menuju ke tempat wisata ini, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer atau dengan perjalanan selama satu jam dari Kota Lhokseumawe.

Perjalanan menuju ke air terjun ini mulanya memang cukup mudah untuk dilakukan, jalan yang diaspal dengan baik serta banyaknya pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan.

Air terjun 7 bidadari. (Dok. Wisataaceh)

Namun ketika tiba di Kecamatan Geureudong Pase, wisatawan dipaksa untuk melalui jalanan yang cukup ekstrim membelah hutan belantara. Kondisi jalan masih berupa tanah yang bercampur dengan bebatuan, sehingga cukup menantang dan memacu adrenalin.

Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun 7 Bidadari biasanya menggunakan kendaraan roda dua seperti motor trail yang bisa melalui medan berat. Ketika melalui jalur yang membelah hutan ini, pengunjung tak jarang harus naik turun bukit, melewati perkebunan sawit, serta sungai yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa.

Bagi wisatawan yang hobi dalam menunggangi trail, bisa melampiaskan hasratnya dengan mencoba medan yang berat ini. Tempat wisata ini memang sangat cocok bagi seseorang berjiwa petualang dan menyukai tantangan.

Ditengah-tengah perjalanan menyusuri hutan, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan alam berupa pepohonan rindang, perbukitan hijau, serta hamparan perkebunan sawit yang luas. Pemandangan ini seolah menjadi oase dari beratnya medan serta sulitnya jalanan yang harus dilalui oleh wisatawan.

Setelah melalui perjalanan sejauh 10 kilometer kedalam hutan, wisatawan akan menemukan Barak Komando yang menjadi tempat istirahat bagi para pekerja di perkebunan sawit.

Wisatawan bisa beristirahat disini, terdapat beberapa bangunan permanen yang bisa digunakan untuk menghilangkan penat dan mengusir rasa lapar.

Dari Barak Komando, wisatawan harus melanjutkan perjalanan lagi menuju ke Bukit Tualang, disini pengunjung harus memarkirkan motor dan berjalan kaki karena medan yang sudah tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Setelah naik turun bukit, melewati hamparan perkebunan sawit dan sungai, wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah fenomena air terjun yang sangat cantik, inilah Air Terjun 7 Bidadari.

Air Terjun 7 Bidadari disebutkan memiliki 7 tingkatan air terjun dengan keindahan yang berbeda, bahkan ada yang mengatakan tingkatan di air terjun ini mencapai 10.

Jarak antara tingkatan satu dengan lainnya sekitar 3 hingga 4 meter dengan rata-rata ketinggian air terjun mencapai 5 meter. Jika wisatawan penasaran, bisa menelusuri tingkat demi tingkat air terjun ini dengan menaiki bebatuan yang ada disekitar lokasi.

Pesona yang ditawarkan air terjun 7 bidadari memang sangat menawan, airnya yang jernih berwarna kebiruan bisa langsung diminum untuk sekedar melepas dahaga. Keindahan hutan belantara yang mengitarinya juga menciptakan suasana yang rindang dan asri. *ADV

Related posts