Gampong Blang Makmur Bangun Dua Box Tersier Untuk Atasi Kekurangan Air

by Jimi Pratama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Desa Blang Makmur kecamatan Kuala Bate, aceh Barat Daya (Abdya) mulai melakukan pengukuran rencana pembangunan box tersier (Pintu air) dan saluran irigasi persawahan. Rabu (1/6)

Pembangunan dua box air dan saluran ini menggunakan Dana Desa (DD) dengan besar anggaran 116 juta rupiah.

” Ini berguna untuk mengaliri air ke sawah pertanian warga”. Kata Keuchik Desa Blang Makmur Isjamal.

Isjmal mengatakan, saluran ini sangat bermanfaat dan tepat guna demi meningkatkan mutu dan produktifitas hasil pertanian masyarakat gampong Blang makmur.

” Selama ini masyarakat banyak mengandalkan air hujan dalam mengolah lahan pertanian mengingat kurangnya saluran air”. Sebutnya

Dikatakan Isjamal, dengan pembangunan irigasi tersebut, diharapkan seluruh lahan pertanian tidak akan lagi kekurangan air saat musim kemarau melanda. Sehingga masyarakat petani dapat dengan baik dan maksimal dalam mengelola lahannya, karena kebutuhan air selama ini sering menjadi kendala.

“Kedepan Insya Allah dengan adanya pembangunan saluran irigasi tersier ini, seluruh lahan pertanian dapat terairi dengan baik dan merata, mulai dari hulu sampai hilir.

Mudah-mudahan akan mampu mendongkak semangat dan dapat meningkatkan penghasikan petani yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan mereka,” tuturnya.

You may also like