BWS Sum-1 Realisasikan Usulan Pemkab Aceh Utara Untuk Rehab Tanggul Rusak Akibat Banjir

by Rajali Samidan

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengapresiasi Balai Wilayah Sungai Sumatera I (BWS Sum-1) karena merealisasikan permohonan Bupati setempat tahun 2021 lalu terkait perbaikan enam dari 27 titik tanggul yang rusak diterjang banjir.

Kerusakan tanggul tahun lalu telah menyebabkan tergenangnya pemukiman masyarakat dan lahan pertanian juga ikut tergenang.

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, melalui Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Hamdani mengaku dari usulan 27 titik tanggul yang rusak maupun yang jebol akibat banjir parah akhir tahun 2021 dan awal 2022, tahun ini telah teratasi sejumlah  6 titik tanggul yang dikatagorikan darurat.

Adapun 6 titik tanggul di aliran sungai Kreung Pase direhab 4 titik dan dua titik lagi di Kreung Keurtoe, Balai Wilayah Sungai Sumatera I menganggap ke enam titik ini sangat mendesak untuk pengurangan resiko banjir.

“Lokasi 6 titik tersebut yaitu tanggul Paya berandang Kecamatan Tanah Luas, Gunci Paya Bakong, Tanggul Mancang Samudera, Teupin Ara, Gampong Baro dan Tanjong Kleng Samudera,” kata Hamdani, Selasa, 7 Juni 2022.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada balai mengingat aksi cepat dalam merespon keluhan masyarakat Aceh Utara.

Dimana setiap musim penghujan, wilayah tersebut rentan dilanda banjir yang menggenangi jalan nasional, perkantoran pemerintah, lahan pertaian produktif, pemukiman warga bahkan kawasan petani tambak juga ikut merugi.

Pemkab Aceh Utara juga berharap pada Balai Wilayah Sungai Sumatera I agar yang belum masuk tahun ini untuk diupayakan dapat tertampung tahun anggaran APBN 2023.

“Bapak Bupati Aceh Utara mengucapkan rasa syukur dan terimakasih yang telah menyikapi usulan pemerintah daerah dan juga harapkan kami, usulan yang belum tertampung dapat terealisas ditahun 2023,” ucap Hamdani. *ADV

You may also like