Jamaah Haji Aceh Dapat Wakaf Baitul Asyi Rp 4,5 juta Per Orang

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Iqbal menyebutkan 1.992 jamaah haji asal Aceh mendapatkan dana wakaf dari Baitul Asyi di Mekkah, Arab Saudi, dengan nilai 1200 Riyal Arab Saudi atau Rp 4,5 juta per jamaah.

Dana Baitul Asyi (wakaf rumah aceh) tersebut akan diberikan ke jamaah setelah dua hari berada di Mekkah. Mereka nantinya akan diarahkan oleh panitia untuk pengambilan dana tersebut.

“Wakaf baitul asyi mendapat 1200 SAR perjamaah, sekitar Rp 4,5 juta. Itu diserahkan di Mekkah di hotel masing-masing, diterima setelah 2 hari ketibaan di Mekkah,” kata Iqbal, Selasa (14/6).

Pengambilan dana wakaf itu nantinya akan diserahkan oleh panitia ke jamaah haji langsung dan tidak boleh diwakilkan oleh pihak manapun.

“Tidak boleh diwakili pihak manapun, diserahkan oleh pengurus/nazir wakaf habib bugak asyi,” katanya.

Diketahui wakaf yang usianya lebih dari dua abad ini selalu diberikan kepada setiap jamaah haji asal tanah rencong ketika menunaikan ibadah haji ke Mekkah.

Untuk tahun ini, Aceh memberangkatkan sebanyak 1.992 jamaah haji. Untuk kloter pertama sebanyak 393 jamaah hari ini, Selasa, 14 Juni 2022 sudah mulai masuk embarkasi Banda Aceh.

Mereka akan diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi pada Rabu dini hari, 15 Juni 2022 melalui Bandara Sultan Iskandar Muda.

Related posts