Cara Melacak Lokasi Orang Lain via WhatsApp

Whatsapp.(thenewsonline)

(KANALACEH.COM) – Aplikasi Whatsapp bukan cuma digunakan berkirim pesan, namun juga bisa untuk melacak lokasi orang lain. Cara melacak lokasi orang lain via WhatsApp ada dua.

Pertama, meminta orang lain membagi lokasi mereka secara langsung. Kedua, dengan ‘mengintip’ secara diam-diam.

Untuk membagi lokasi secara langsung, WhatsApp punya dua fitur, yaitu yang secara langsung (live) dan tidak. Pada fitur live, pengguna bisa membagi lokasi saat tengah melakukan perjalanan.

Nantinya, penerima lokasi bisa melihat pengguna lain sedang berjalan menuju ke sebuah tujuan. Ini sama seperti melihat perjalanan pengguna di peta secara langsung (real-time).

Namun, ada batas durasi saat membagi lokasi secara live, yaitu 15 menit, 1 jam, dan 8 jam. Jika pengguna memilih berbagi lokasi selama 15 menit, maka ketika durasi habis, penerima lokasi tidak bisa lagi mengetahui keberadaan si pengguna yang membagikan lokasi.

Sementara untuk fitur non-live, pengguna bisa membagi lokasi secara akurat maupun untuk tujuan tertentu.

Misalnya, pengguna sedang di rumah di daerah Jakarta Selatan, maka pengguna bisa membagi lokasi rumah pengguna ke orang lain, sehingga si penerima lokasi bisa mengetahui atau menuju lokasi tersebut secara akurat.

Sedangkan untuk tujuan tertentu, misalnya pengguna di rumah di daerah Jakarta Selatan dan ingin membagi lokasi kantor di Jakarta Pusat, maka pengguna bisa mencari lokasi kantor tersebut lalu membagikannya ke penerima lokasi.

Cara Membagi Lokasi

– Buka aplikasi Whatsapp
– Buka chat atau grup penerima lokasi
– Klik simbol berbagi dokumen
– Klik simbol lokasi atau location
– Klik bagikan lokasi
– Klik bagi lokasi secara live atau share live location jika ingin membagi lokasi terkini saat melakukan perjalanan.

-Kemudian pilih durasi waktu yang diinginkan, apakah 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

-Klik bagikan alamat sekarang atau send your current location jika ingin memberi alamat sesuai titik Anda sekarang.

-Klik simbol cari atau search di pojok atas, lalu ketik lokasi yang ingin dibagikan.

Cara Melacak Lokasi Orang Lain

Berbeda dengan opsi membagi lokasi secara langsung, ada pula cara agar bisa melacak lokasi orang lain, yaitu dengan bantuan situs pelacak alamat IP atau IP address dengan fitur Command Prompt.

Command Prompt adalah fitur bawaan yang sudah tersedia di setiap komputer, sehingga pengguna tak perlu mengunduh aplikasi apa pun.

Pencarian lokasi melalui Command Prompt menggunakan metode pencarian Internet Protocol (IP) Address atau alamat IP yang menjadi identitas sebuah gawai dalam aktivitasnya di internet.

Cara ini hanya bisa dilakukan melalui WhatsApp Web. Berikut langkahnya:

-Buka aplikasi WhatsApp Web di browser

-Buka chat dari orang yang ingin dilacak lokasinya

-Mulai obrolan agar dapat melihat balasan dari orang yang ingin dilacak.

-Kemudian tekan Ctrl + Alt + Delete di keyboard untuk membuka pengelola tugas.

-Tekan Win + R di keyboard untuk membuka fungsi Run pada keyboard.

-Ketik Cmd lalu tekan Enter pada ada Command Prompt yang muncul, ketik netstat-an lalu tekan Enter. Catat alamat IP yang muncul sebelum menutup command prompt

-Kemudian Anda dapat membuka www.ip-adress.com/ip_tracer/ dan memasukkan alamat IP untuk mengetahui perkiraan lokasi seseorang. CNN

Related posts