Wakil Ketua DPR Usul Aceh Jadi Satu-satunya Embarkasi Haji

(KANALACEH.COM) – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan pada tahun haji berikutnya, agar Aceh menjadi satu-satunya embarkasi dalam memberangkatkan jamaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi.

Menurut Dasco, ada beberapa alasan yang menjadikan usul ini penting untuk dipertimbangkan. Yaitu terkait dengan jarak tempuh yang lebih singkat dan adanya nilai sejarah.

“Jarak tempuh hanya 6 jam (dari Aceh ke Arab Saudi), kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekkah,” kata Sufmi Dasco seperti dilansir laman fraksigerindara, Rabu (29/6).

Selain itu, lanjut Dasco, harapannya usulan ini juga dapat menekan biaya haji agar lebih efektif dan efisien.

“Sehingga, secara pembiayaan, tidak terlalu memberatkan bagi para jamaah haji. Namun, tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal,” harap Dasco.

Untuk itu, Ketua Harian Partai Gerindra ini meminta agar komisi tekhnis terkait, yaitu Komisi VIII DPR RI dan juga Kementerian Agama RI untuk mengkaji usul tersebut secara lebih mendalam dan komperhensif.

Pada tahun ini, diketahui bahwa Kementerian Agama sudah memutuskan untuk pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi.

“Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok,” terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Hilman Latief dilansir dari situs resmi Kementerian Agama pada Rabu, 11 Mei 2022.

Related posts