Jembatan penghubung di Langsa Lama Rusak, Akses Jalan Ditutup Sementara

Jembatan penghubung di Langsa Lama Rusak, Akses Jalan Ditutup Sementara. (ist)

Langsa (KANALACEH.COM) – Jembatan jalan Raya Medan-Banda Aceh tepatnya di Gampong Baroh, Kecamatan Langsa Lama rusak akibat badan jembatan itu bantalannya terangkat.

Amatan kanalaceh.com, Senin (18/07), jalan tersebut biasanya dua jalur, namun tampak saat ini masyarakat dialihkan pada jalan satu jalur dan kondisi ini membuat masyarakat yang melintas harus ekstra hati-hati.

Sebelumnya, jalan itu dapat digunakan dua jalur, kini jalur masuk dari Medan – Banda Aceh ke arah Kota Langsa dan dari kanan dari arah Banda Aceh- Medan, saat ini jalan tersebut ditutup karena sedang diperbaiki.

Sehingga, pengguna jalan harus melintasi dengan jalan satu jalur saja.

Kepala tukang jembatan, Muhammad yang ditemui, menjelaskan bahwa Jembatan Titi kembar sedang diperbaiki yakni adanya pergantian karet bantalan pada bagian sisi leger jembatan Titi kembar, Gampong Baroh Langsa.

“Ganti karet atau Elastomer pada ujung leggernya sedangkan yang lama sudah kandas tidak bisa dipakai lagi, karena ketika tidak diganti artinya pernya sudah tidak berfungsi lagi,” terang Muhammad.

Lanjut Muhammad, pekerjaan ini merupakan perawatan dari PUPR Provinsi Aceh menggunakan dana APBN.

“Diperkirakan dalam sehari sudah selesai, dimana sebelumnya dilakukan mendongkrak bagian kepala jembatan untuk menggantinya,” jelasnya.

Secara terpisah, Kadis PUPR Kota Langsa, Muharram, yang dikonfirmasi, membenarkan pekerjaan tersebut. Dirinya mengatakan, bahwa pekerjaan tersebut merupakan kewenangan balai wilayah.

“Saya sudah konfirmasi ke PPK Batas Langsa – Tamiang Balai Jalan Wilayah I Sumatera yakni Zulfian, yang menyatakan kondisi ganti karet elastomer jembatan naik 10 cm Insyaallah besok selesai dan langsung di aspal kembali,” tutup Muharam.

Related posts