Distapan Abdya Mulai Lakukan Penyuntikan Ribuan Vaksinasi PMK

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (23/7) mulai melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Gampong Gunong Cut, Tangan- Tangan.

Saat ini Abdya mendapat jatah 1000 vaksin PMK. Ribuan vaksin itu akan didistribusikan untuk ratusan peternak di sembilan kecamatan kabupaten itu.

Sekda Abdya Salman Alfarisi mengatakan, penyakit PMK ini sudah membuat masyarakat mulai kawatir karna wabahnya sudah sampai disini.

” Meskipun penyakit ini tidak berbahaya bagi manusia pada umumnya, namun akibatnya harga ternak akan turun drastis hingga setengah harga hewan tersebut”. Katanya

Menurutnya, PMK ini memang tidak menular ke manusia, tapi bagi peternak ini menjadi bahaya karena berdampak pada harga ternak modalnya besar dan sangat merugikan.

” jika sudah terjangkit yang punya ternak harus berkonsultasi kepada pemerintah guna bahu membahu melakukan pencegahan”. Sebutnya

Sementara itu kadis Pertanian dan Pangan Abdya, Nasruddin menyebutkan syarat ternak yang boleh di vaksinasi hewan yang sehat saja.

” Saat ini sapi dan kerbau dulu kita vaksinasi dan tentu yang sehat. Katanya, karena hewan yang pernah sakit akan diobati dulu dan 6 bulan kedepan baru bisa dilakukan vaksinasi.

” Kita berharap dampak penyakit ini akan berkurang setelah vaksinasi”.

Menurutnya, penyakit ini menyebar bisa melalui udara maupun kontak langsung juga alat transportasi.

Related posts