Densus 88 Tangkap Koordinator Teroris Jamaah Islamiyah di Aceh Tamiang

Ilustrasi, Penangkapan teroris. (Dok. Liputan6)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Densus 88 anti teror  menangkap koordinator teroris wilayah Aceh Jaringan Jamaah Islamiyah (JI) berinisial ISA (37), di Kantor Desa Sidodadi, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (3/8).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Aceh Kombes Pol Winardy membenarkan ikhwal penangkapan tersebut. Kata dia, penangkapan satu terduga teroris itu merupakan Qoid korda wilayah Aceh jaringan JI.

Dalam struktur JI,  ISA menjabat sebagai Korda Aceh. Di samping itu, dia juga Ketua FKPP Sumbagut Wilayah Aceh Tamiang dari tahun 2010 sampai sekarang.

ISA pernah mengikuti Turba FKPP Sumatera Utara-Aceh yang disabotase dengan pelatihan guru pesantren di Villa Gundaling, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, tahun 2010-2011.

“Ini merupakan koordinator dan memiliki peran penting dalam struktur JI. Saat ini dia diamankan ke Rutan Polda Sumut untuk dilakukan pemeriksaan intensif,” jelas Winardy.

Dengan ditangkapnya ISA, maka total terduga teroris yang sudah diamankan dari berbagai wilayah di Aceh sebanyak 15 orang, baik kelompok Jamaah Islamiah (JI) maupun Anshorut Daulah (AD), dengan rincian:

Kabupaten Aceh Tamiang 10 orang, yaitu DN (JI), SY (JI), JU (JI), RS (JI), FE  (JI), ES (JI), RU (JI), MU alias AL (JI), A alias S alias E (JI), dan terakhir adalah ISA (JI) yang merupakan Koodinator Wilayah Aceh.

Kemudian, yang ditangkap di Banda Aceh adalah AK (JI) dan MR (AD). Kemudian di Bireuen MH (JI), Aceh Utara MS (AD), dan Langsa MA (JI).

“Jumlah seluruhnya teroris yang telah ditangkap adalah 15 orang, yaitu 13 orang kelompok JI dan dua orang kelompok AD,” katanya.

Related posts