PJ Bupati Abdya Darmansyah Tinjau Lokasi Banjir

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansyah,  turun langsung ke lokasi aliran sungai yang mengalami penyumbatan di Dusun Timur Jati, Gampong Blang Padang, Kecamatan Tangan-tangan, Minggu (21/8) malam, sekira pukul 21.30 WIB.

Dalam peninjauan itu Pj Bupati Darmansah ikut di dampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi, Kadis Sosial, Yusan Sulaidi, Camat Tangan-tangan, dan sejumlah petugas BPBK lainnya.

Sebab menurut informasi, pangkal persoalan terjadinya banjir di Gampong Padang Kawa dan Gampong Blang Padang, Kecamatan Tangan-tangan ini akibat dangkal dan tersumbatnya aliran sungai tersebut.

“Kita minta BPBK besok kerahkan alat berat (Beko) kesini,” instruksi Darmansyah kepada pihak BPBK dilokasi.

Sebelum Darmansyah tiba di lokasi, BPBK Abdya juga sudah mengerahkan satu unit alat berat mini untuk membersihkan aliran sungai yang tersumbat dengan rumpun bambu. Alhasil, banjir luapan sudah tertangani sementara pada malam ini.

Usai meninjau penyumbatan aliran sungai di Gampong Blang Padang, Pj Bupati Abdya bersama rombongan kemudian bertolak ke Gampong Padang Kawa yang juga masih dalam Kecamatan Tangan – tangan.

Di Padang Kawa, kondisi aliran sungai sudah mengancam keberadaan Masjid setempat.

Di lokasi itu, Pj Bupati Darmansyah kembali memerintahkan Kalak BPBK Abdya untuk mengusulkan anggaran normalisasi dan pembangunan tanggul pengaman di daerah aliran sungai Gampong tersebut pada anggaran tahun 2023.

“Di samping itu, jembatan ini juga mesti dibangun kembali karena kondisi sudah tidak layak lagi,” ujar Darmansyah dilokasi.

Sebab, katanya, tiang tengah jembatan ini juga menjadi pemicu terjadinya banjir, sehingga meluap kerumah warga dan mengikis tebing sungai hingga terjadinya erosi.

Darmansah berjanji, biaya normalisasi dan pembangunan tebing di aliran sungai tersebut akan dianggarkan pada tahun 2023 mendatang.

Darmansah sangat berharap dukungan dari anggota DPRK dapil tersebut.

“Apalagi disini kampungnya Bapak Ketua DPRK Abdya. Jadi, kita berharap dukungan beliau agar normalisasi dan pembangunan tanggul di aliran sungai ini bisa terealisasi pada anggaran 2023,” tutup Darmansah.

Related posts