Darmansah Sidak RSU-TP Abdya, Ada Apa ?

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), H. Darmansah bersama rombongan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSU-TP), Sabtu, (27/8).

Dalam Sidak yang didampingi oleh Direktur RSUTP Abdya, dr Ismail Muhammad, Kepala Dinas Kesehatan, Safliati dan sejumlah pegawai serta staf di RSU-TP itu, Pj bupati mendapati laporan bahwa di RSU-TP kerab terjadi kekurangan kantong darah untuk kebutuhan pasien.

Akibatnya, banyak keluarga pasien harus mencari pendonor sendiri untuk membantu pihak rumah sakit mencarikan relawan yang mau mendonorkan darah sesuai kebutuhan pasien.

Laporan yang diterimanya dari pihak rumah sakit, setiap bulan RSU-TP Abdya membutuhkan sebanyak 300 kantong darah. Jumlah ini selalu kurang setiap bulannya. Selain itu juga ada laporan fasilitas Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga pelu di perhatikan.

“Tadi Direktur RSUTP Abdya melapor bahwa rumah sakit kita kekurangan kantong darah setiap bulannya. Ini tentu harus kita tanggapi segera,” kata Pj bupati Darmansah, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Soal ini, Pj Bupati Darmansah mengatakan akan mengagendakan donor darah rutin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab setempat. Selain itu juga akan membangun komunikasi dengan intansi vertikal untuk dijadwalkan donor darah rutin.

“Kalau semua ASN rutin donor pasti dapat menjawab kebutuhan kantong darah. Nanti kita coba rutinkan setiap dinas dan badan,” ucap Pj Bupati.

Sementara soal fasilitas PMI, Pj meminta pihak PMI untuk menyiapkan berkas yang akan dibawanya hari ini ke pusat untuk permohonan mobil PMI yang punya fasilitas lengkap.

“Dengan mobil fasilitas lengkap tentu pihak PMI bisa langsung menjemput ke daerah-daerah,” katanya.

Related posts