Dandim Abdya Tinjau Rumah RTLH di Lhok Gayo Untuk Direhab

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) –  Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi didampingi Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Azwani serta Danramil 07/Babahrot Kapten Inf Edi Mailiswar meninjau langsung salah satu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga di kawasan Lhok Gayo Kecamatan Babahrot, Rabu (19/10) petang.

Saat tiba di rumah yang jafi sasaran rehab, orang nomor satu di TNI wilayah Abdya ini berdialog dengan pemilik rumah, kepala keluarga Muslim beserta Isteri Miswan dan kedua anaknya.

Kepada Dandim, Muslim berharap agar rumahnya mendapat bantuan rehabilitasi. Ia mengatakan rumah kumuhnya itu telah berulang kali didata oleh petugas, namun hingga kini belum satu pun yang merealisasi.

“Kami hanya bisa pasrah dan berharap bantuan kepada Pemerintah. Karena saya tidak mampu. Jangankan untuk rehab rumah, untuk makan sehari-hari saja sudah sulit. Selama ini ada dibantu beras dari Keuchik, pak Koramil dan juga warga lainnya,” ungkap Muslim.

Terpisah, Danramil 07/Babahrot Kapten Inf Edi Mailiswar saat dikonfirmasi membenarkan Muslim termasuk salah satu warga kategori tidak mampu. Sejak lama ia telah menjadi tuna karya lantaran mengidap sakit menahun.

Kondisi kehidupan Muslim sangat memprihatin. Ia tinggal bersama keluarganya dalam sebuah gubuk, berdinding papan dan beratap rumbia.

“Sangat tidak layak untuk dihuni. Oleh karenanya hal ini kita sampaikan kepada pimpinan, dan Alhamdulillah ditanggapi. Petang ini beliau turun dan meninjau langsung,” bebernya.

Danramil menyebutkan Kodim 0110/Abdya saat ini telah melakukan pendataan warga miskin terutama yang masih tinggal di RTLH. Sesuai dengan program dari komando atas, wacananya akan digulirkan kegiatan bakti sosial rehab RTLH.

“Untuk saat ini masih proses pendataan. Ini kita lakukan secara selektif agar tujuannya tepat sasaran,” tegasnya.

Informasi dihimpun, jajaran Babinsa di wilayah itu tengah gencar melakukan pendataan warga miskin tersebar di 152 desa dalam 9 kecamatan. Pendataan tersebut kemudian disusul dengan verifikasi dan survei langsung melibatkan para aparat desa setempat.(*)

Related posts