Direndam Banjir, Petani di Abdya Terancam Gagal Panen

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Puluhan hektar pesawahan petani terendam banjir usai hujan deras yang turun pada Senin (31/10) malam.

Setidaknya sekitar 20 Hektare sawah milik warga di Gampong Asoe Nanggroe, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terancam gagal panen.

Sementara itu, padi yang ikut terendam sudah berumur sekitar dua bulan, dan tidak lama lagi pastinya sudah bisa dipanen.

Keuchik Gampong Asoe Nanggroe Darlius mengatakan, sekitar 20 hektare lebih persawahan Paya Idom terancam gagal panen karena terendam banjir.

“Area persawahan ini terendam air hujan sejak tadi malam, penyebabnya karena dangkalnya Krueng Teukuh,” kata Darlius.

Dikatakan Darlius, selain akibat derasnya hujan, banjir itu juga akibat air kiriman yang tidak tertampung sungai Krueng Teukuh yang mengalami pendangkalan.

“Karena memang sungainya dangkal air tidak tertampung di sungai. Kami berharap sungai Krueng Teukuh yang masuk wilayah Gampong Asoe Nanggroe untuk dilakukan normalisasi,” sebut Darlius.

Dirinya juga menuturkan, pendangkalan sungai itu juga setiap tahun memasuki musim hujan, tanam padi di kawasan tersebut selalu terendam banjir.

” Hampir setiap tahun terjadi saat musim hujan ini merendam tanaman padi yang baru ditanam, ini sangat kita sayangkan, dan saat ini belum ada solusi dari pemerintah”.(*)

Related posts