Almuniza Harap Firefly Promosikan Wisata dan Budaya Aceh

Maskapai Firefly Kembali Buka Penerbangan Aceh-Penang. (Dok. Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal berharap manajemen Firefly bisa mempromosikan destinasi wisata dan budaya Aceh di Penang, Malaysia.

Hal itu dikatakan Almuniza saat acara diskusi manajemen Firefly dengan agen travel Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, usai pesawat tersebut landing perdana di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Senin, 7 November 2022.

Almuniza menuturkan, semarak kedatangan maskapai penerbangan yang bernaung di bawah Malaysia Aviation Group (MAG) itu sudah dipromosikan oleh pihaknya melalui berbagai plarform, baik dari media sosial maupun media massa.

Hal itu, kata Almuniza, agar masyarakat luas mengetahui bahwa saat ini telah dibuka penerbangan langsung rute Aceh-Penang.

“Kami harap Firefly juga bisa melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik ke Aceh maupun ke Penang. Apalagi dua wilayah ini serumpun,” pintanya.

“Diharapakan pada setiap penerbangan ke Penang-Aceh, kami diperbolehkan menyertakan informasi-informasi tentang destinasi Aceh berupa brosur atau majalah bagi penumpang di pesawat. Intinya, Kami siap mempromosikannya,” kata Almuniza menambahkan.

Tahun depan, Disbudpar Aceh akan menghelat Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) pada Agustus 2023. Almuniza berharap manajamen Firefly maupun agen travel bisa menginformasikan ke wisatawan dari Malaysia.

“Kalau event ini hanya disaksikan oleh warga Aceh saja artinya itu hanya melestarikan budaya, tapi kita ingin ini juga disaksikan oleh wisatawan luar, sebagaimana tagline kami ‘Lestarikan Budaya, Majukan Pariwisata,” ucapnya.

“Semoga pertemuan ini lahir ide-ide kreatif antara Firefly dan agen travel untuk dikolaborasikan, agar keduanya bisa mendatangkan wisatawan baik ke Aceh maupun ke Penang,” pungkasnya.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Firefly mendarat perdana di Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ), Aceh Besar, Senin, 7 November 2022, setelah melakukan take off dari Penang (PEN) dengan menggunakan Jet Boeing 737-800 pukul 11.10 WIB. Firefly akan beroperasi 2 kali seminggu ke Aceh dari Penang dan sebaliknya, jadwalnya mulai Senin dan Jumat.

Related posts