Tiga Kepala Negara yang Tidak Hadir di KTT G20 Bali

Mentan minta ekspor daging babi ke Indonesia, Putin tertawa
Presiden Rusia Vladimir Putin menutupi wajahnya dengan kedua tangannya sambil menahan tawanya di sidang kabinet Rusia. (Youtube)

(KANALACEH.COM) – Sebanyak 17 kepala negara dipastikan hadir dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November mendatang. Sementara tiga kepala negara tidak bisa turut serta dalam pertemuan.

Berikut daftar tiga kepala negara yang tidak hadir di KTT G20.

1. Rusia
Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak bisa hadir dalam gelaran di Bali.

Menurut Luhut Putin tak bisa hadir karena ada masalah yang harus diselesaikan di dalam negerinya.

2. Brasil

Selain Putin, Luhut juga mengatakan Presiden Brasil Jair Bolsonaro dipastikan tidak akan hadir. Ia menyebut saat ini Brasil masih dalam masa transisi setelah pemilu beberapa waktu lalu.

Hasil pemilu Brasil diketahui memenangkan mantan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva. Luiz menang tipis dari Bolsonaro dengan masing-masing raihan 50,9 persen suara melawan 49,1 persen.

3. Meksiko
Luhut juga menyebut Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador tidak bisa datang ke acara. Menurut Luhut, Presiden Meksiko memang tidak pernah keluar dari negaranya.

“Sepanjang yang saya tahu, Presiden Meksiko tidak pernah keluar dari Meksiko. Jadi, itu tiga pemimpin yang tidak akan hadir (dalam G20),” papar Luhut yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu. [CNN]

Related posts