KIP Aceh Utara Gelar Sosialisasi Terkait Pemberitaan Pemilu 2024 Bersama Jurnalis

(ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara menggelar sosialisasi yang mengusung tema “Cerdas Memberitakan Pemilu 2024” yang diikuti oleh sejumlah jurnalis di Aceh Utara.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula KIP Aceh Utara, Kamis (17/11). Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KIP Aceh Utara, Muhammad Usman menyampaikan, peran media sangat penting dalam menginformasikan terkait tahapan pemilu, hingga memberikan edukasi dan sosialisasi.

“Kita tentu ingin berkolaborasi dengan media, bagaimana informasi terkait pemilu ini bisa sampai ke masyarakat,” ujar Usman.

Sementara itu, Ayi Jufridar yang juga pemateri sosialisasi mengatakan, bahwa peran media di pesta demokrasi ini yaitu untuk meningkatkan partisipasi publik dan mendidik pemilih tentang bagaimana menggunakan hak-hak demokrasinya.

Kemudian, kata dia, Jurnalis juga dituntut untuk memahami segala aspek tentang pemilu, misalnya mulai dari tahapan hingga penetapan. Kemudian, kata dia, modal meliput Pemilu juga harus menguasai cara pemberitaan yang spesifik seperti meliput jajak pendapat, meliput suara pemilih (Voter Voice Reporting) dan sebagainya.

Media massa, kata Ayi, merupakan pilar demokrasi keempat setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. “Mengapa jadi pilar demokrasi? pers menjadi kekuatan penyeimbang terhadap kekuasaan, politik dan hukum,”

“Bagaimana peran media pada pemilu? salah satunya mengembangkan partisipasi publik dalam pemilu, mendidik pemilih tentang bagaimana menggunakan hak-hak demokrasinya,” jelas Ayi.

Related posts