Banyak Keuntungan Ganda Kelompok Tani di Abdya Kembangkan Sorgum

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Kelompok tani Meuarante di Aceh Barat Daya (Abdya) kembangkan tanaman Sorgum.

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.

Ciri ciri tumbuhan ini batang dan daun sorgum sangat mirip dengan jagung. Daun sorgum berbentuk lurus memanjang. Biji sorgum berbentuk bulat dengan ujung mengerucut, berukuran diameter 2 cm.

Pengembangan dan tanam perdana itu bekerja sama dengan Himpunan Peternak Petani dan Nelayan Sumatra Utara (HIPPENSU). Selasa (22-12-2022)

Lahan yang berlokasi di Kawasan Padang Meurante, Kecamatan Susoh ini menjadi Pilot Project Pengembangan Sorgum di Abdya.

” Tanaman sorgum itu merupakan upaya kita untuk membudidayakan kembali tanaman sorgum sebagai sumber pangan Alternatif,” kata Nuh Mukhlis”. Katanya

Mukhlis menjelaskan. Dulu, di sejumlah daerah sorgum menjadi sumber pangan pokok seperti halnya padi atau beras. Namun, kemudian dilupakan orang, karena bahan pangan selalu identik dengan beras.

“Katanya, orang Indonesia belum makan kalau belum ketemu nasi. Padahal negara kita sangat kaya potensi sumber pangan, selain beras. Ada ubi, jagung, sagu, sukun, dan banyak lagi. Ini juga tidak boleh dilupakan adalah sorgum,” kata Muhklis.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Meurante Hortikultura Abdya, Ust Mukhlis Muhdi menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan Hippensu hari itu merupakan upaya dari kelompok taninya dalam rangka melakukan diversifikasi tanaman pangan.

Sekaligus lanjutnya, pihaknya ingin memperkenalkan sumber tanaman pangan dan pakan alternatif kepada petani di Abdya dalam rangka meningkatkan produksi pertanian serta meningkatkan pendapatan petani itu sendiri.

Menurut Ust Mukhlis, Sorgum tersebut merupakan tanaman sehat, mudah dibudidayakan, rendah biaya produksi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

“Semoga kita ini menjadi Pilot Project pengembangan Sorgum di Abdya nantinya,” tutupnya. (*)

Related posts