13 Jam Tertimbun Longsor, Penambang Emas di Aceh Jaya Berhasil Dievakuasi

13 Jam Tertimbun Longsor, Penambang Emas di Aceh Jaya Berhasil Dievakuasi. (dok Polda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Petugas gabungan dari jajaran Polres Aceh Jaya, PMI dan warga sekitar berhasil mengevakuasi seorang penambang emas berinisial IR (34) yang tertimbun longsor di Desa Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pada Rabu (23/11) kemarin. Awalnya petugas mendapat laporan dari Keuchik setempat terkait adanya warga yang tertimpa longsor saat mencari bongkahan emas.

Mendapat laporan itu, pihaknya langsung menuju lokasi di di gunung Hujan atau Kem III Desa Panggong Kecamatan Krueng Sabee.

“Korban diperkirakan sudah 13 jam tertimpa longsor dan tim gabungan tiba di lokasi langsung memberikan pertolongan kepada korban,” kata Winardy dalam keterangannya, Kamis (24/11).

Petugas berhasil melakukan evakuasi dengan cara mengikat pinggang korban dengan tali dan langsung ditandu untuk mendapat pertolongan medis. Kemudian korban di bawa ke rumah Sakit Teuku Umar, Calang,  untuk mendapat perawatan.

“Longsor itu diantaranya juga dipicu oleh curah hujan tinggi saat ini, kemudian minimnya pengetahuan korban dalam menggali emas tersebut,” ucap Winardy.

Related posts