HUT 17 Harum Jaya, BNSP Serahkan Sertifikat Kompetensi kepada Siswa SMK

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Perusahaan PT Harum Jaya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 adakan workshop dengan tema “Pentingnya Sertifikasi Kompetensi di Bidang Jasa Konstruksi” dan pembagian sertifikat gratis kepada siswa SMK di kantor TUK Harum Jaya, Senin (28/11/2022).

Ketua panitia kegiatan, Rieja Alfath Ramadhan mengatakan acara tersebut turut dihadiri wakil ketua BNSP pusat Miftahul Aziz, M.H. sebagai salah satu narasumber workshop dalam kegiatan tersebut.

“Ini bentuk keprihatinan PT Harum Jaya bagi tenaga kerja konstruksi di Aceh yang masih kurang paham akan pentingnya sertifikasi baik di lingkungan pemerintah maupun di lingkungan swasta,” kata Rieja Alfath dalam keterangannya.

“Dengan harapan, kegiatan workshop ini dapat menambah wawasan dan ilmu baru mengenai akan pentingnya sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja konstruksi,” tambahnya.

Sementara, Direktur Utama PT Harum Jaya Mansur Syakban menyampaikan bagaimana sejarah berdirinya PT Harum Jaya sejak awal yang masih berbadan hukum CV sehingga berbadan hukum PT dengan Lika liku keadaan konflik dan perubahan regulasi yang ada di bidang Jasa Konstruksi.

“Bahkan harum jaya pasca Damai MoU Helsinki tentu bukan sebuah perjalanan yang mudah,” katanya.

Selain berfokus di bidang jasa konstruksi Harum Jaya juga memiliki program pengembangan SDM salah satunya mendukung program vokasi dari pemerintah dengan pemberian sertfifikat bagi siswa/i SMK 1 Bireuen yang telah menyelesaiakan pemagangan dan pengusulan sertifikat kompetensi secara gratis melalui dana CSR Perusahaan.

Biro Adpem Sekda Aceh T. Roby menyampaikan sertifikasi merupakan hal yang wajib dipenuhi oleh setiap tenaga kerja konstruksi, seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Aturan spesifik tertera dalam Pasal 70.

“Tenaga kerja merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi kelangsungan dan kelancaran pelaksanaan pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada PT. Harum Jaya, sebagai salah satu Badan Usaha Jasa Konstruksi swasta di Aceh telah banyak memberikan terobosan-terobosan terkait Pengembangan Sumber Daya Jasa Konstruksi, salah satunya telah resmi dan terverfikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP Astekindo sehingga pelaksanaan Uji Kompetensi tenaga Kerja konstruksi sudah bisa dilaksanakan di Aceh.

Wakil Ketua BNSP Bapak Miftahul Aziz dalam paparannya menuturkan bahwa keterampilan seorang pekerja tidak hanya soal pengetahuan atau skill yang dimiliki tetapi juga terkait bagaimana dibekerja yang harus memenuhi standar pengetahuan, pengakuan akan kompetensi kerja serta etika dalam bekerja.

“Contoh sederhana Anak SMK Juru Gambar minimal sebelum diberikan sertifikat kompetensi dia mampu mengambar dan menguasai aplikasi gambar serta paham apa yang dimaksud dengan juru gambar,” tuturnya.

“Alhamdulillah, kita bersyukur penyerahan bisa dilaksanakan dan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua BNSP pusat, dan semoga bisa bermanfaat untuk siswa/i SMK Negeri 1 Biruen,” kata Mansur Syakban.

Momentum HUT ke 17 PT Harum Jaya, sambungnya, menjadi titik balik untuk bangkit tidak hanya dari pembangunan juga bidang pengembangan SDM Aneuk Nanggroe sebagaimana selama ini yang selalu di gaungkan.

“Semoga setiap ikhtiar yang kita kerjakan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Baik dari segi pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Mansur Syakban selaku Direktur Utama PT Harum Jaya. (*)

Related posts