Penangkapan Ayah Merin Dinilai Jadi Pintu Masuk KPK Bongkar Kasus Korupsi di BPKS

BPKS. (Kanal Aceh/DA)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – GeRAK Aceh mengapresiasi KPK dan Polda Aceh yang telah melakukan penangkapan terhadap buronan lembaga anti rasuah yaitu Izi Azhar alias Ayah Merin, terkait gratifikasi proyek pembangunan dermaga Sabang. Izil ditangkap di Banda Aceh, Selasa (24/1/2023).

Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani mengatakan, buntut penangkapan Ayah Merin dinilai menjadi pintu masuk KPK untuk membongkar kasus korupsi lainnya yang ada di tubuh BPKS Sabang.

“Ini sekaligus menjadi pintu masuk untuk membongkar mega gurita korupsi di tubuh BPKS Aceh, karena sebelumnya sudah cukup banyak para pihak lain yang sudah menjalani persakitan dan pidana kurungan,” kata Askhalani dalam keterangannya, Rabu (25/1).

Sebelumnya, kata dia dalam persidangan terhadap terpidana atas nama inisial R, yang merupakan mantan kepala BPKS pada tahun 2007 dan juga mantan bupati Bener Meriah, diketahui bahwa berdasarkan keterangan para pihak yang diperiksa oleh KPK dan keterangan fakta persidangan, menjelaskan bahwa adanya aliran uang lain yang mengalir selain kepada Izil Azhar.

“Berdasarkan dokumen diketahui ada sebanyak Rp 40 M lebih dana yang mengalir kepada para pihak lainnya, dan tentu ini menjadi harapan publik bagi KPK untuk mendalami keterlibatan aktor lainnya,”

“Konon uang ini dijadikan bancakan dan sapi perah terhadap lembaga BPKS oleh pihak-pihak yang memperkaya diri sendiri dan kelompok, sehingga tentu ini menjadi momentum yang tepat bagi KPK untuk menegakkan keadilan hukum,” lanjutnya.

Penangkapan ini, lanjut Askhal, menjadi sesuatu yang sangat berharga, selain untuk proses penegakan hukum juga menjadi efek kejut bagi pihak lain yang selama ini menjadikan Aceh sebagai tempat untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

“Korupsi yang semakin canggih selama ini tidak mendapat perhatian khusus, maka diharapkan dengan adanya proses ini tentu menjadi momentum yang baik bagi KPK untuk membongkar siklus gurita korupsi di serambi Mekkah,” katanya. []

Related posts