500 Ribu Wisatawan Asing Ditargetkan Berkunjung ke Aceh di 2023

Wisatawan asing yang ingin berlibur ke Sabang. (Foto: KANAL ACEH)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menargetkan 500 ribu wisatawan asing akan berkunjung ke tanah rencong pada 2023.

Sementara untuk keseluruhan, wisatawan domestik dan mancanegara ditarget akan berkunjung ke Aceh sebanyak 2,5 juta orang tahun ini.

“Target kita 2,5 juta wisatawan itu domestik dan mancanegara. Kalau wisatawan asing, kita tak muluk-muluk sekitar 500 ribu,” kata Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal saat konfrensi pers di Museum Aceh, Selasa (31/1).

Target tersebut, kata dia, akan didukung oleh berbagai event yang nantinya akan diselenggarakan di Aceh. Apalagi tiga event dari Aceh masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang sudah ditetapkan oleh Kemenparekraf RI.

Selain itu, tahun ini juga akan diselenggarakan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang dinilai bisa mendobrak kunjungan wisatawan ke Aceh, juga kegiatan kepariwisataan lainnya yang akan digelar tahun ini.

“Tahun ini kita ada tiga event yang masuk KEN 2023 ditambah PKA. Tentu event ini menjadi pendongkrak kunjungan wisatawan ke Aceh,” ucapnya.

Meski demikian, Almuniza yakin target itu bisa tercapai jika adanya kerja kolaborasi antar kabupaten/kota dan SKPA terkait. Kemudian, adanya rute penerbangan Malaysia – Aceh, yang dinilai bisa menguntungkan Aceh dari segi pariwisata.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan tour ke daerah-daerah untuk mempersiapkan kegiatan PKA yang dihelat pertengahan tahun ini.

Sebelumnya, pada 2022, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Aceh mencapai 5.752 orang. Dan wisatawan domestik sebanyak 1.720.000 orang.

Related posts