Tembok Penahan Tebing Irigasi Panto Tungku Ambruk

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Pengaman tebing irigasi Panto Tungku di Gampong Kota Bahagia, kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) ambruk. Sebelumnya tebing tersebut sudah ditangani secara darurat oleh pihak Desa. Selasa (31-01-2023).

Padahal irigiasi ini sudah rusak sejak lima tahun terakhir. Kerusakan terjadi pada dinding irigasi yang jebol.

Keuchik Gampong Kota Bahagia Mustamsir mengatakan, persoalan ini sudah disampaikan kepada pemerintah. Namun, hingga saat ini belum ada tanda tanda perbaikan.

Sebelumnya, irigasi ini sudah pernah dikunjungi oleh Pj bupati beserta wakil ketua DPRK Abdya dan anggota. Bahkan mereka berjanji tahun 2022 akan di bangun.

” Namun hingga memasuki tahun 2023 belum ada tanda tanda bahwa akan di bangun”. Katanya

Saat ini ungkapnya, surat permohonan untuk penanganan secara darurat sudah ditujukan kepada Camat Kuala Batee.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kejadian ini butuh sentuhan dan perhatian serius pemerintah daerah untuk menindak lanjuti.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Zulfan telah menghubungi dinas BPBK untuk melakukan perbaikan dengan menggunakan dana darurat.

” Kalau tidak segera di tangani maka dampak nya akan semakin parah. Lanjutnya, hal itu akan menyebabkan 6 desa di kecamatan Kuala Bate terancam gagal tanam”. Sebutnya

Ia juga menyebutkan, jika sempat ambruk semua maka dipastikan ratusan lahan persawahan milik masyarakat akan gagal panen. (*)

Related posts