Jembatan Krueng Baru Terancam Putus Akibat Tebing Ambles

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Tembok tebing dibagian abudmen Jembatan Krueng Baru wilayah Gampong Kuta Triang, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan dilaporkan mengalami longsor pada Minggu sore (05-02-2023.

Amblesnya tembok jembatan itu mengancam jalur jalan utama yang menghubungkan kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan kabupaten Aceh Selatan (Asel).

Peristiwa itu diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah barat Aceh.

Bedasarkan laporan yang diterima melalui media sosial, abudmen jembatan yang menghubungkan Aceh Selatan dengan Aceh Barat Daya (Abdya) sekitar pukul 17.00 Wib mengalami longsor akibat digerus air.

Akibat longsor tersebut, akses jalan nasional Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Abdya terancam lumpuh, lantaran longsor di bahu kepala jembatan dekat Mesjid Al Ittihad sudah sampai ke aspal.

Meski demikian, jalan tersebut masih dilintasi oleh pengendara karena jembatan dan jalan itu merupakan salah satu penghubung kedua kabupaten dan juga merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Aceh dengan Sumatera Utara.

Edi kepada wartawan mengatakan, akses jalan masih normal meski pengguna jalan terlihat hati hati dalam melintas karena bahu jalan sudah longsor.

Disekitar longsor terlihat satu tempat papan baliho ambruk, selain itu tebing penahan tanah patah hingga terlihat bergantung dan kabel jaringan telekomunikasi ikut putus. Bukan saj itu kepala jembatan sudah terlihat karena tanah disekitar kepala jembatan ikut longsor.(*)

Related posts