Aruna dan Astra Serahkan Rumpon dan Alat Tangkap Untuk Nelayan Simeulue 

Aruna dan Astra Serahkan Rumpon dan Alat Tangkap Untuk Nelayan Simeulue. (ist)

Simeulue (KANALACEH.COM) – Aruna melalui Yayasan Maritim dan Astra Internasional berkolaborasi bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Pemkab Simeulue, memberikan dukungan kepada kelompok nelayan binaan Aruna berupa alat bantu untuk menangkap ikan.

Alat tersebut berupa satu unit rumpon (unjam dalam bahasa lokal) di Desa Sejahtera Astra Labuhan Bakti, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue (12/02).

Seremonial penyerahan bantuan ini disaksikan oleh perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat. Total bantuan yang diberikan senilai lebih kurang Rp 20 juta diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan hasil tangkapan nelayan Aruna di Labuhan Bakti.

“Saya harap dengan kolaborasi dari Aruna dan Astra ini dapat memudahkan nelayan kami untuk menangkap ikan di laut lebih banyak lagi, yang mana pastinya akan berdampak ke pendapatan mereka,” ujar Utari Octavianty, Chief Sustainability Officer Aruna.

Dalam seremonial ini sekaligus dilakukan kegiatan simbolis pelepasan Rumpon ke tengah laut. Rumpon merupakan alat bantu penangkapan ikan yang terbuat dari pemberat, pelampung, dan daun-daun kering.

Daun-daun akan berfungsi sebagai tempat ikan berkumpul sehingga akan memudahkan nelayan untuk menangkap ikan. Salah satu alasan Astra dan Yayasan Maritim memilih Simeulue, karena melihat potensi lautnya yang kaya.

Aruna sebagai  integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator asal Indonesia tentunya memiliki standar kualitas internasional dalam menyajikan komoditas produk perikanan hasil tangkapan nelayan Aruna, hingga dapat diterima di pasar global.

Aruna selalu mengedepankan perikanan berkelanjutan dalam menjalankan bisnisnya serta mengedukasi nelayan Aruna untuk wajib menjalankan praktik perikanan berkelanjutan. []

Related posts