Bazar UMKM Mendorong Penguatan Ekonomi Masyarakat

Blangpidie (Kanalaceh.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh mengapresiasi kegiatan bazar UMKM yang diselenggarakan di Coffee Nongkrong, Blangpidie, Jum’at malam (17/02/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Nongkrong Fair 2023 Maju bersama UMKM yang Berbudaya” itu, dinisiasi oleh Coffee Nongkrong dengan mendatangkan berbagai stand UMKM yang ada di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Abdya, Amri AR mengatakan bahwa Pemkab Abdya mengapresiasi kegiatan tersebut, karena pada dasarnya kegiatan itu sebagai upaya peningkatan UMKM, terutama yang memiliki ciri khas daerah.

“Ini juga dapat mengembangkan system jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan melalui fasilitas kemitraan, untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM,” kata Amri.

Pengembangan dan penguatan perekonomian masyarakat memang senantiasa menjadi salah fokus Pemkab Abdya, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” UMKM harus terus berinovasi dan membatu pemerintah sangat mendukung dengan pemasaran produk-produk untuk lebih dikenal di masyarakat”. Sebutnya

“Pemberdayaan UMKM di Abdya memerlukan kontribusi yang sinergis dari berbagai lembaga, seperti BUMN, perbankan, biro atau agen jasa, maupun lembaga-lembaga lain yang memiliki kepedulian tinggi terhadap perkembangan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Sinergitas antar lembaga ini, tambahnya, diharapkan akan menuntun pemberdayaan UMKM untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas, dan memberikan efek ganda untuk mendukung UMKM naik kelas.

“Oleh karena itu, sekali lagi kami sangat menyambut baik terselenggaranya acara ini, yang membantu para pelaku UMKM, tidak hanya sebagai upaya promosi, namun juga meningkatkan kemitraan jaringan usaha,” tambah Amri.

Dikatakan Kadiskoperindag Abdya, dengan terselenggaranya kegiatan itu dapat menjadi satu pijakan bagi UMKM di Abdya, untuk meningkatkan jangkauan usaha dan membawa berbagai implikasi positif terhadap perekonomian daerah.

“Perlu juga kami sampaikan di sini, bahwa kegiatan seperti ini agar bisa memberikan pencerahan motivasi usaha, yang mendukung kejayaan UMKM di Abdya dengan mengkampanyekan bangga bela beli produk lokal,” ujarnya.

Gerakan ini tentunya mencerminkan serangkaian upaya kita dalam memajukan bangsa, dengan mencintai produk-produk lokal dan berkontribusiterhadap kesejahteraan masyarakat.

Gerakan bangga beli produk lokal harus digalakkan semakin massif, sehingga gairah masyarakat dalam membeli produk lokal kian bangkit, pertumbuhan ekonomi daerah meningkat, dan tentunya berimplikasi
pada kesejahteraan masyarakat yang turut meningkat pula.

Terakhir Pemkab Abdya berharap, kedepan UMKM di Abdya dengan berbagai produk unggulannya, dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung kejayaan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Abdya.

“Oleh karena itu, menjadi kewajiban kita saat ini untuk terus membangkitkan kesadaran masyarakat, untuk bangga dan berbelanja produk lokal UMKM kabupaten kita,” katanya.

Setelah penyabutan tersebut, Kadiskoperindag Abdya beserta rombongan turut meninjau stand-stand UMKM Abdya yang menjajakan berbagai jenis produk UMKM asal kabupaten bertuan tanah Teuku Peukan itu.

Pada acara itu turut juga dimeriahkan oleh NK Band, yang terdiri dari anak anak muda di Abdya. (*)

Related posts