Polisi Akan Selidiki Penyelundupan Penyu di Pulau Banyak

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Polres Aceh Singkil akan menyelidiki dugaan penyelundupan penyu di Pulau Banyak yang viral beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, upaya penyelundupan itu digagalkan oleh petugas gabungan yang menyita potongan penyu yang diduga hendak dibawa ke Nias, Sumatera Utara.

Kasat Reskrim Polres Singkil, Iptu Mawardi, mengatakan dirinya saat ini belum menerima laporan dari warga terkait penyelundupan itu.

Baca: Viral, Upaya Penyelundupan Penyu yang Sudah Dipotong di Aceh Singkil

Meski begitu, pihaknya akan tetap memproses, jika laporan itu sudah masuk ke pihaknya.

“Kalau laporannya sudah masuk tentu akan kita proses. Nanti bagaimana selanjutnya itu nanti kita koordinasikan dengan jaksa,” kata Iptu Mawardi saat dikonfirmasi, Senin (20/2).

Mawardi mengatakan, para terduga pelaku penyulundupan itu sempat hendak dibawa ke Polres Aceh Singkil. Namun, ada upaya penyelesaian secara adat di Pulau Banyak.

“Katanya mau di bawa ke Polres, kami sudah nunggu, ternyata diselesaikan secara adat. Tapi walaupun begitu, jika ada yang melapor, tetap akan kita proses,” katanya.

Sebelumnya, seorang warga Pulau Banyak, Mefrian melaporkan upaya penyelundupan itu ke Polres Aceh Singkil, pada Senin siang (20/2).

“Benar. Sudah kita laporkan ke Polres Singkil,” kata Mefrian.

Ia melaporkan hal itu karena banyak warga yang tidak terima kasus itu diselesaikan secara adat.

“Kami melaporkan ini agar tidak ada lagi penyelundup penyu di Kepulauan Banyak, dan bisa memberi efek jera kepada pelaku. Kami harap aparat bisa bertindak,” kata Mefrian.

Related posts