Ketua PSSI: Liga 1 Musim Depan Pakai VAR

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Republika)

(KANALACEH.COM) – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Liga 1 2023/2024 akan menggunakan VAR atau Video Assistant Referee mulai paruh kedua musim.

Erick berharap penggunaan VAR bisa membuat Liga 1 Indonesia semakin maju, bersaing dengan liga-liga terbaik di Asia.

“Saya targetkan liga, harus punya prestasi liga lebih baik dari liga-liga lain di Asia, karena ada enam pemain asing [dalam tim], lima non-Asia, satu Asia Tenggara, dan kita akan menyiapkan sistem VAR di Liga 1 pada musim setengah berikutnya. Bukan di awal, tetapi di tengah. Saya pastikan liga harus bisa itu,” ucap Erick.

Erick juga berharap ada harmonisasi antara klub-klub Liga 1 dengan Timnas Indonesia. Pria yang menjabat sebagai Menteri BUMN itu menghadapi kompetisi harus menyokong Timnas di momen-momen resmi.

“Liga 1 sudah bersepakat dengan PSSI ketika Tim Nasional membutuhkan, klub mendukung. Nanti Liga 1 itu untuk saat persiapan TC Piala Asia di Qatar, Liga 1 akan berhenti. Selama AFC akan berhenti,” ucap Erick.

“Selama FIFA Matchday Juni, September, Oktober, November, plus beberapa minggu di Desember akan berhenti. Itu Liga 1 akan mulai 1 Juli yang tadinya akhir Mei,” sambung mantan Presiden Inter Milan itu.

Erick kemudian berharap euforia kemenangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 segera dihentikan. Pasalnya Timnas Indonesia akan menjalani sejumlah event penting di sisa 2023 ini.

“Saya rasa euforia sudah selesai. Sekarang kita persiapkan kembali untuk event-event selanjutnya. Ini jangan sampai Timnas kita dipuji terbang, nanti dikritik jatuh. Ini yang harus kita jaga itu. Kita benar-benar harus persiapkan. Mereka yang muda-muda ini akan menjadi core pembangunan timnas masa depan,” ucap Erick. [CNN]

Related posts