17 Unit Ruko di Krueng Cut Terbakar

17 Unit Kios di Krueng Cut Terbakar. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kebakaran kios yang terjadi di kawasan Krueng Cut tepatnya di Baet Jalan Banda Aceh-Malahayati, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar capai 17 unit.

16 unit diantaranya mengalami kerusakan berat dan satu rusak sedang. Informasi dari BPBD Aceh Besar, pemilik kios tersebut bernama Azhar (60).

“17unit toko dengan kontruksi Semi permanen terbakar dengan tingkat kerusakan yaitu 16 rusak berat dan 1 rusak sedang,” kata Kepala BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil dalam keterangannya, Sabtu (27/5/2023).

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya, petugas BPBD menerima informasi tentang adanya kejadian kebakaran toko yang berada di sisi jalan Malahayati yaitu jalan arah menuju dari Banda Aceh ke Pelabuhan Malahayati Krueng Raya.

Mendapati kejadian kebakaran yang besar petugas pos Kajhu langsung meminta bantuan tambahan armada dari pos induk Sibreh dan juga bantuan Armada dari pemadam Kota Banda Aceh.

Toko yang sejajar dan berdempetan tersebut berkontruksi semi permanen dan menurut keterangan saksi di lokasi kejadian awal mula terjadinya kebakaran diduga akibat adanya percikan api dari selang gas dapur dari salah satu toko.

“Api begitu cepat menjalar dari satu toko ke toko lainnya kondisi cuaca cerah yang disertai angin pada saat terjadinya kebakaran membuat api begitu cepat merambah ke bangunan lainya,” ucapnya.

Setelah menerima informasi petugas Pemadam BPBD Aceh Besar mengerahkan 7 unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dan juga ikut dibantu 4 unit armada pemadam kebakaran dari Kota Banda Aceh.

Proses pemadaman dan pendinginan baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 13.25 Wib. []

Related posts