DPRA Usul Sekda Aceh Bustami Jadi Calon Tunggal Pj Gubernur

DPRA Usul Sekda Aceh Bustami Jadi Calon Tunggal Pj Gubernur. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – DPR Aceh mengusulkan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Bustami Hamzah sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Aceh pengganti Mayjen (purn) Achmad Marzuki. Surat usulan itu akan diantar langsung ke Kemendagri dan Presiden pada Selasa (13/6).

DPR Aceh hanya mengusulkan satu nama dari tiga nama yang diminta Mendagri untuk diusulkan jadi Pj Gubernur Aceh.

“Menindaklanjuti surat Mendagri soal usulan nama Pj, kita mengusulkan satu nama ke Kemendagri yaitu Sekda Aceh, Bustami,” kata Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR Aceh, Abdurrahman Ahmad saat jumpa pers, Senin (12/6).

Abdurrahman menyebutkan, pihaknya mengusulkan Sekda Aceh, Bustami lantaran karena putra daerah, mengerti situasi Aceh kekinian dan sudah berpengalaman mengurus birokrasi.

“Dari hasil rapat Banmus, semua Fraksi di DPRA sudah sepakat untuk tidak mengusul Achmad Marzuki lagi,” katanya.

Dari hasil evaluasi DPR Aceh selama Achmad Marzuki memimpin Aceh, banyak program yang tidak mencapai target. Misalnya terkait pertumbuhan ekonomi Aceh yang jauh dibawah target RPJM-A, dimana dari target 6 persen hanya tercapai 4,21 persen.

Kemudian Achmad Marzuki jarang menghadiri rapat paripurna di DPR Aceh. Terhitung selama menjabat, hanya 7 kali datang ke gedung DPR Aceh dari 30 kali rapat paripurna.

“Sejak beliau menjabat Pj Gubernur Aceh, DPRA menggelar 30 kali rapat paripurna, hanya 7 kali dihadiri Achmad Marzuki, termasuk rapat paripurna pelantikan dirinya sebagai Pj Gubernur Aceh tahun lalu,” ujarnya.

Alasan lainnya, menurut DPRA yaitu Achmad Marzuki sulit berkomunikasi serta tidak menghargai kekhususan Aceh dan sering membuat kebijakan yang menimbulkan kegaduhan, seperti kasus pemberian izin tambang hingga soal rekrutmen Kepala Bank Aceh Syariah.

“Achmad Marzuki sulit berkomunikasi dengan banyak pihak serta kurang menghargai nilai-nilai syariat islam, kearifan adat istiadat, dan kekhususan Aceh,” ucapnya.

Related posts