Kanwil Kemenkum HAM Aceh Gelar Penyuluhan Hukum di Langsa

Langsa (KANALACEH.COM) – Dalam rangka memperingati hari jadi Kemenkum ke-78, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh menggelar kegiatan penyuluhan hukum di Kecamatan Langsa Lama, Selasa (18/07).

Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber, Penyuluh Hukum Ahli Pratama Kantor Wilayah yakni Syauri Rizka dan Hermansyah, serta narasumber dari perwakilan salah satu Pemberi Bantuan Hukum (PBH) yang terakreditasi yakni LBH Keadilan Aceh Tamiang diwakili oleh Direkturnya Chairul Azmi.

Mewakili sambutan Plh kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh, Setiawati dalam sambutannya berharap kegiatan ini sebagai wadah informasi adanya tanggung jawab negara terhadap pemberian bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu sebagai bagian akses keadilan bagi masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu.

Kegiatan ini para pesertanya berasal dari unsur aparatur pemerintahan gampong se-kecamatan Langsa Barat yang tentunya dari kegiatan ini dapat menjadi sarana informasi bagi unsur pemerintah gampong.

Sementara itu, Direktur LBH Keadilan Aceh Tamiang, Chairul Azmi mengatakan bahwa program bantuan hukum dikhususkan kepada warga yang kurang mampu dalam menghadapi persoalan hukum.

“Mana warga kurang mampu harus mendapatkan jasa layanan hukum gratis dari organisasi bantuan hukum yg terakreditasi oleh negara” kata Azmi.

Azmi berharap, warga mendapatkan jaminan terhadap hak konstitusional setiap orang tanpa terkecuali.

“Perlindungan dari segala bentuk tindakan diskriminatif, untuk mendapatkan pengakuan sebagai warga negara secara utuh, jaminan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum,” katanya.

Related posts