Pemerintah Aceh Tak Bangun Baru Venue Utama PON XXI

Menpora Pastikan Tidak Ada Penundaan Pelaksanaan PON XXI

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pj Guberur Aceh, Achmad Marzuki menyebutkan bawah tidak ada pembangunan venue utama baru yang dibangun untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Namun, untuk venue utama akan dilaksanakan di Stadion Harapan Bangsa dan kini stadion tersebut akan direnovasi.

“Untuk venue utama, kita tidak akan bangun baru, tapi renovasi Stadion lama, yaitu Stadion Harapan Bangsa di kawasan Lhong Raya. Insya Allah, dengan dukungan semua pihak termasuk Pemerintah Pusat,” kata Achmad Marzuki saat rapat koordinasi dengan Menpora Dito Ariotedjo, Jumat, 4 Agustus 2023.

Selain itu, Pemerintah Aceh juga mengusulkan pembangunan enam venue baru kepada Pemerintah Pusat yaitu untuk cabang olahraga Kempo, Sepatu Roda, Sepakbola Putra Pool C, venue Menembak Outdoor, venue Menembak Indoor, dan venue Selam Kolam.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, komplek Stadion Harapan Bangsa masih bagus karena komplek pusat olahraganya tergolong lengkap. Namun, untuk penyelenggaraan PON, maka akan ada beberapa jenis pembenahan, termasuk renovasi berat, renovasi ringan serta pembangunan kembali sejumlah venue dan pusat olahraga pendukung lainnya yang ada di Lhong Raya.

“Komplek Lhong Raya sudah cukup bagus, namun tentu akan kita perbaharui dan kita bangun kembali agar lebih baik lagi. Saya yakin sekali, begitu pembangunan kembali Stadion Harapan Bangsa ini selesai,” ujar Dito.

Menpora mengimbau kepada Pemda dan masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaga aset-aset yang telah dibenahi ini dapat dipergunakan dan dijaga dengan sebaik-baiknya, agar ke depan muncul talenta-talenta baru yang mampu mengharumkan Aceh dari sektor olahraga baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kunjungan kerja Menpora bersama Ketua Umum KONI Pusat ke Aceh adalah untuk melihat langsung perkembangan terkait persiapan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Bumi Serambi Mekah.

Pelaksanaan PON XXI 2024 merupakan gelaran PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Di Aceh, sebanyak 33 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 akan digelar di Aceh, sedangkan penutupan akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Utara.

Related posts