Kualifikasi Piala Asia U23: Timnas Indonesia Bantai Taiwan 9-0

(KANALACEH.COM) – Timnas Indonesia U-23 menang telak 9-0 atas Taiwan pada pertandingan pertama Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Sabtu (9/9).

Indonesia U-23 unggul 5-0 pada babak pertama melalui gol Marselino Ferdinan (3′), Ramadhan Sananta (6′), Rafael Struick (19′), Witan Sulaeman (30′), dan Rio Fahmi (40′).

Meski unggul 5-0 di babak pertama, Timnas Indonesia U-23 terus menekan Taiwan pada awal babak kedua. Akan tetapi serangan Indonesia kali ini tidak seagresif babak pertama.

Tendangan kaki kiri Pratama Arhan dari luar kotak penalti membentur pemain Taiwan pada menit ke-54, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Timnas Indonesia U-23 unggul 6-0 pada menit ke-56 melalui sundulan Elkan Baggott yang memanfaatkan sepak pojok Arkhan Fikri.

Marselino Ferdinan mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini pada menit ke-58. Mantan pemain Persebaya itu meliuk-liuk di depan kotak penalti, mengecoh satu pemain lawan.

Kemudian menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kiri dengan mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Taiwan.

Elkan Baggott nyaris mencetak gol kedua ke gawang Taiwan pada menit ke-74. Akan tetapi sundulan Baggott ke sisi kanan gawang lawan usai memanfaatkan sepak pojok Arkhan Fikri masih menyamping.

Striker pengganti Hokky Caraka menambah gol bagi Timnas Indonesia U-23 pada menit ke-79 jadi 8-0. Gol Hokky bermula dari umpan silang Arhan dari sisi kiri.

Bola dari Arhan diterima Fajar Fathur Rahman yang langsung dioper ke Hokky yang berdiri di depan gawang Taiwan. Tanpa kesulitan Hokky membawa Indonesia unggul 8-0.

Kesalahan fatal dibuat kiper Chang Hsiang Chun pada menit ke-85. Hsiang Chun gagal mengamankan umpan terobosan Indonesia yang dikejar Arhan.

Bola yang hendak diamankan Hsiang Chun terlepas dan bisa dikuasai Arhan. Pemain Tokyo Verdy itu pun dengan mudah membawa Indonesia unggul 9-0.

Indonesia punya kans unggul 5-0 setelah mendapatkan penalti pada menit ke-88 setelah Rafael Struick dijegal di kotak terlarang.

Akan tetapi eksekusi penalti Struick pada menit ke-89 ke sisi kanan bisa ditepis kiper Hsiang Chun. Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Indonesia U-23 menang 9-0 atas Taiwan.

Kemenangan fantastis atas Taiwan membuat Indonesia sukses mengambil alih puncak klasemen dari Turkemenistan. Tim Merah Putih unggul selisih lima gol meski sama-sama mengemas tiga poin.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Turkmenistan pada laga pamungkas, Selasa (12/9). Duel ini bakal jadi penentu juara Grup K.

Tim pemenang bakal finis sebagai juara Grup K dan otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Selain itu, skuad arahan Shin Tae Yong juga punya kans lolos ke Olimpiade 2024 di Paris. [CNN]

Related posts