Iran Bebaskan Visa untuk Turis 33 Negara, Indonesia Termasuk

net

(KANALACEH.COM) – Pemerintah Iran pada Kamis (14/12) menyatakan mencabut persyaratan visa untuk 33 negara, termasuk negara-negara Teluk seperti Arab Saudi, yang memiliki hubungan dingin dengan Teheran selama bertahun-tahun hingga pemulihan baru-baru ini.

Menurut laporan The Iranian Students’ News Agency atau ISNA, dalam daftar 33 negara bebas visa masuk Iran itu, Indonesia dan Rusia juga termasuk salah satunya.

“Kementerian Pariwisata percaya bahwa kebijakan pintu terbuka akan menunjukkan tekad Iran untuk menjalin hubungan dengan berbagai negara di dunia,” tulis laporan ISNA, seperti dikutip Reuters, Jumat (15/12).

Keputusan tersebut akan menambah jumlah negara atau wilayah yang warganya dapat mengunjungi Iran menjadi 45, tanpa perlu mengajukan visa.

Langkah ini merupakan langkah lain untuk mencairkan hubungan antara Iran dan Arab Saudi khususnya, setelah ketegangan selama bertahun-tahun antara dua negara Teluk yang merupakan negara penghasil minyak tersebut.

ISNA memberikan daftar lengkap negara-negara tersebut, termasuk Lebanon, Tunisia, India, beberapa negara Asia Tengah, Afrika dan negara-negara “Muslim”.

Hanya satu negara Eropa yang merupakan sekutu Barat yang masuk dalam daftar tersebut, yaitu Kroasia, yang merupakan anggota kecil Uni Eropa dan NATO.

“Warga Rusia hanya akan mendapatkan keuntungan dari pembebasan visa ini jika mereka mengunjungi negara tersebut secara berkelompok,” tambah laporan ISNA.

Sementara Jemaah haji Iran untuk pertama kalinya dalam delapan tahun akan memulai perjalanan reguler ke Arab Saudi mulai 19 Desember, media Iran melaporkan pada hari Rabu.

Negara-negara yang mendapat fasilitas bebas visa ini terdiri dari 17 negara Asia, 6 negara Afrika, 5 negara Eropa, dan 5 negara Amerika Latin.

Berikut daftar 33 negara yang persyaratan visanya baru dicabut Iran.

Benua Asia
India, Uni Emirat Arab, Bahrain, Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Lebanon, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Indonesia, Jepang, Singapura, Kamboja, Malaysia, Brunei, dan Vietnam.

Benua Eropa
Rusia, Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Kroasia, dan Belarus.

Benua Amerika
Brasil, Peru, Kuba, Meksiko, dan Venezuela.

Benua Afrika 
Tunisia, Mauritania, Tanzania, Zimbabwe, Mauritius, dan Seychelles. [CNN]

Related posts