Beda dengan Quick Count, Ini Cara Melihat Real Count Pemilu 2024

(KANALACEH.COM) – Dalam Pilpres 2024, real count berbeda dengan quick count. Simak cara melihat hasil penghitungan suara secara real count berikut.

Quick count bisa dijadikan gambaran hasil perolehan suara di Pemilu. Namun quick count tidak bisa disamakan dengan real count.

Quick count alias hitung cepat adalah hasil penghitungan riil hasil suara di TPS. Surveyor menunggu penghitungan suara selesai dan melaporkan hasilnya di sistem yang dibangun lembaga survei.

“Quick count itu adalah hitungan real di TPS, bukan asumsi. Hanya saja quick count tidak dilakukan di 100 persen TPS,” jelas Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah beberapa waktu lalu.

Sementara itu, real count merupakan hasil Pemilu resmi yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU). Real count diperoleh berdasarkan hasil penghitungan suara di seluruh TPS di tanah air.

Cara melihat hasil real count Pemilu 2024

Publik bisa memantau hasil real count di laman resmi KPU. Pada halaman muka terdapat tajuk ‘Hasil Hitung Suara Pemilu 2024’. Kemudian terdapat menu Pilpres, Pileg DPR, Pileg DPRD Provinsi, Pileg DPRD kabupaten/Kota, dan Pemilu DPD.

Selain itu terdapat menu Hitung Suara, Rekapitulasi Hasil Pemilu, Rekapitulasi Penetapan Pemilu, dan Daftar Sengketa. Ada pula menu Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan dan TPS.

Jika Anda ingin melihat hasil penghitungan suara Pilpres 2024, pilih menu Pilpres dan Hitung Suara. Kemudian pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan dan TPS.

Laman pun akan menunjukkan jumlah pengguna hak pilih berikut hasil perolehan suara masing-masing paslon. Kemudian ada pula jumlah suara sah dan tidak sah.

Akan tetapi, jika tidak menentukan wilayah atau lokasi, maka akan muncul kolom wilayah berisi 38 provinsi dan luar negeri. [CNN]

Related posts